Ketua DPRD Kota Semarang Ajak Warga Tetap Berpartisipasi Dalam Pilkada dengan Protokol Kesehatan

Suasana dialog bersama parlemen yang diselenggarakan oleh Radio Trijaya FM Semarang di Hotel Gets Jl. MT Haryono Kota Semarang pada Selasa (13/10/2020) yang mengankat tema "Menyelamatkan Jiwa dan Demokrasi di Pilkada". (Mushonifin)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Ketua DPRD Kota Semarang, Kadar Lusman, menghadiri dialog bersama parlemen yang diselenggarakan oleh Radio Trijaya FM Semarang di Hotel Gets Jl. MT Haryono Kota Semarang pada Selasa (13/10/2020).

Dialog tersebut mengangkat tema “Menyelamatkan Jiwa dan Demokrasi di Pilkada”. Acara tersebut dihadiri juga oleh Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Goeltom dan Ketua Bawaslu Kota Semarang, Muhammad Amin. Selain itu hadir pula para ketua KPPS, Panwascam, dan beberapa jurnalis.

Tema yang diangkat kali ini berkaitan dengan situasi pandemi covid-19 yang hingga saat ini belum ada kepastian kapan akan berakhir, namun kebetulan berbenturan dengan agenda besar yang wajib dilaksanakan sebagai amanat konstitusi negara, yaitu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Para pemangku kebijakan pun sepakat bahwa Pilkada kali ini berstatus darurat sehingga akan dilaksanakan dengan berbagai peraturan baru dan tentunya wajib menerapkan protokol kesehatan demi menghindari penyebaran virus yang mematikan itu.

Atas kondisi tersebut, Kadar Lusman menghimbau kepada masyarakat agar tetap secara disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam menghadapi Pilkada ini.

Pria yang akrab disapa Pilus itu memahami bahwa kondisi pandemi ini menyulitkan berbagai macam aktifitas keseharian warga, namun dia juga mengatakan bahwa Pilkada sebagai amanat konstitusi harus dijalankan.

“Kita tak bisa memilih harus memprioritaskan yang mana, karena semua harus kita laksanakan bersama dan kita selamatkan bersama, entah itu ekonomi, kesehatan, bahkan kesehatan,” ujar Pilus.

Dengan segala upaya yang telah dilakukan KPU dalam mempersiapkan Pilkada di masa pandemi ini, Pilus memberikan apresiasi setinggi-tingginya.

“Saya kira semua hal yang sudah dipersiapkan KPU sudah sangat maksimal. Saya mengapresiasi semua kerja keras itu,” jelasnya.

Pilus juga berharap agar kinerja KPU selalu konsisten untuk memberikan jaminan kepada masyarakat untuk datang ke TPS

“Namun begitu saya berharap kepada KPU agar terus memberikan informasi positif terkait pilkada supaya masyarakat tidak merasa ketakutan untuk hadir di TPS pada gelaran Pilkada nanti,” ungkapnya.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Goeltom juga mengajak masyarakat Kota Semarang untuk jangan takut datang ke TPS.

“Mari kita ciptakan Pilkada yang aman sukses, lancar, dan sehat serta lestari dan terbebas dari covid-19. Masyarakat harus terus berkontribusi dalam penyelenggaraan negara dalam bentuk partisipasi pesta demokrasi,” ungkapnya.

Sementara itu, ketua Bawaslu Jawa Tengah mengajak masyarakat agar sengkuyung bareng dan mengawasi proses penyelenggaraan pilkada pada setiap prosesnya.


Baca Berita Lainnya

“Saya harap masyarakat mau nyengkuyung bareng dan bisa saling mengawasi setiap proses dari tahapan ke tahapan pilkada ini,” ujarnya. (Advertiorial/Mushonifin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here