Keren, Dukung Ekonomi di Tengah Pandemi, Bripka Nyamat Bantu Promosikan Bukit Kunci

Bripka Nyamat Ari Widodo, bersama pengelola saat melakukan perbaikan bukit Kunci, Sabtu (28/11/2020) (foto:agung/sigijateng)

BLORA (SigiJateng) – Untuk mendukung ekonomi warga desa binaan di kawasan wisata Bukit Kunci Desa Bangowan Kecamatan Jiken Kabupaten Blora, Bhabinkamtibmas Polsek Jiken Bripka Nyamat Ari Widodo, melakukan beberapa inovasi antara lain penyediaan wifi di bukit kunci serta promosi wisata melalui media sosial.

Menyadari bahwa Bukit Kunci mempunyai potensi besar untuk dikembangkan menjadi salah satu wisata alam yang dapat membantu perekonomian warga setempat, Bhabinkamtibmas bersama Kepala Desa serta para pemuda terus berbenah.

Pantauan wartawan sigijateng.id, Sabtu (28/11/2020) nampak Bhabinkamtibmas bersama warga melakukan kerja bakti pemugaran spot spot dan arena foto serta menanam varian tanaman baru ditaman.

Bukit Kunci adalah salah satu wisata alam Kabupaten Blora yang mempunyai potensi jika dikelola dengan baik. Mulanya pola pikir warga masih tradisional dan masih monoton dengan hanya menyiapkan lokasi wisata di Puncak Bukit Kunci, tanpa memperhatikan unsur promosi.

Untuk itulah Bhabinkamtibmas Bripka Nyamat mempunyai inovasi penyediaan Wifi bagi pengunjung. Dimana pada era kemajuan media, wisata tak bisa lepas dari media sosial, dan dalam pengelolaan media sosial tentunya membutuhkan jaringan internet.

Bripka Nyamat menyampaikan usulan kepada pengelola wisata Bukit Kunci agar dipasang Wifi di lokasi wisata tersebut, dikarenakan pada lokasi ketinggian terkadang sinyal menjadi susah ataupun lemotnya jaringan.

Adapun tujuan pemasangan wifi adalah untuk mempermudah akses internet para pengunjung. Bripka Nyamat menyampaikan, pada saat ini pariwisata sangat erat hubungannya dengan media sosial terutama dalam mempromosikan lokasi wisata.

“Jika akses internet mudah, maka pengunjung dapat dengan cepat mengupload ataupun memposting foto foto dan video tentang keindahan Bukit Kunci, di situlah salah satu promosi gratis bagi kita,” ungkap Bripka Nyamat saat membantu warga kerja bakti di Bukit Kunci.

Wisata Bukit Kunci itu sendiri terletak di dataran tinggi, dimana dari atas puncak bukit kunci pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah. 

Panorama hijau tanaman jati dan hamparan luas sawah penduduk setempat yang dilihat dari puncak bukit, menjadi penyejuk hati dan memanjakan mata. 

Suasana semakin syahdu ketika angin sepoi sepoi bertiup mesra seolah membisikan suara alam, musik ciptaan Ilahi. Saat ini atas puncak bukit telah di bangun taman taman yang indah dengan beraneka macam tanaman bunga dan sayuran. 

Pengelola telah menyiapkan spot untuk berswafoto atau selfi dari atas puncak bukit kunci, bahkan ada sebuah menara yang dibangun mirip dengan menara eifel, dan penduduk setempat menyebutnya menara eifel bukit kunci.

Bagi pengunjung tak perlu khawatir jika haus ataupun lapar, karena diatas puncak Bukit Kunci ada beberapa warung warga yang menyediakan kuliner lokal khas daerah setempat.

Salah satu menu andalannya adalah rica rica khas Bangoan dan nasi jagung khas Blora dengan lauk sambel gereh dan menu makanan tradisional lainnya.

Berita Terkini:

Wisata Bukit Kunci ramai dikunjungi saat liburan atau akhir pekan, untuk menuju ke wisata alam ini, pengunjung bisa menggunakan sarana transportasi kendaraan roda empat atau mobil pribadi. Namun tak jarang pengunjung yang datang dengan mengayuh sepeda ontel ataupun trabas alas menggunakan sepeda motor Trail.

Kepala Desa mengapresiasi keaktifan Bhabinkamtibmas dalam pengembangan wisata bukit kunci, dimana setiap saat dibutuhkan Bhabinkamtibmas selalu ada dengan ide ide dan inofasi baru yang bisa memajukan wisata bukit kunci, bahkan Bhabinkamtibmas juga telah membuatkan akun media sosial khusus bukit kunci yaitu akun di Instagram dan Facebook sebagai sarana promosi.

Dan dalam promosinya, juga selalu mengingatkan agar selalu mentaati protocol kesehatan, yakni melakukan 3M saat berada di tempat wisata, memakai masker, menjaga jarak menghindari kerumunan dan mencuci tangan. (Agung) 

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak Hindari Kerumunan).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini