Kapolri dan Panglima TNI Inspeksi Kesehatan di Paragon Mall dan Pasar Karangayu Semarang, Apa Tujuannya?

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat inspeksi kesehatan di pasar Karangayu Semarang. (foto Mushonifin / sigijateng)

SEMARANG (SigiJateng) — Kapolri Jendral Polisi Idham Aziz bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau penerapan protokol kesehatan di Paragon Mal dan pasar Karangayu Kota Semarang Jawa Tengah pada Sabtu (20/6/2020).

Rombongan Panglima TNI dan Kapolri tiba di Lanumad Ahmad Yani Semarang sekitar pukul 11.00. Keduanya langsung disambut oleh Gubernur Ganjar Pranowo, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochammad Effendi, dan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi beserta jajarannya. Ada juga Walikota dan Wakil Walikota Semarang yang ikut mendampingi.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatatakan, kedatangannya bersama Kapolri mengecek secara langsung kesiapan pasukan dalam pelaksanaan pendisiplinan protokol keseha

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berjalan bersama Panglima TNI. (foto Mushonifin/sigijateng)


“Tujuannya adalah untuk melihat secara langsung penugasan anggota TNI dan Polri dalam rangka membantu pemerintah daerah untuk mendisiplinkan protokol kesehatan,” kata.

Panglima TNI, Kapolri, Gubernur, dan Walikota datang ke Pasar Karangayu dan Paragon mall dengan menumpang Bis Rapid Transit (BRT) dari bandara.

Seraya memberi contoh, mereka mengawali tinjauan dengan mencuci tangan, dan mengecek suhu tubuh saat memasuki dua tempat tersebut. Mereka lantas  berkeliling mengecek tes swab, menyapa pengunjung, hingga mengecek tenant sambil memastikan kesesuaian prosedur  menerapkan protokol kesehatan.

“Apakah mereka (personil TNI/Polri) sudah sesuai dengan SOP mabes polri maupun dengan Mabes TNI? ternyata mereka sudah sesuai, melaksanakan sesuai dengan ketentuan, diantaranya sudah ada screening  apabila dibawah 37,5 dipersilahkan masuk dengan persyaratan lagi adalah mencuci tangan.  Kemudian didalampun tetap diawasi TNI/Polri untuk tidak bergerombol selalu pakai masker dan jaga jarak,” tutur pria yang akrab disapa Hadi itu.

Walikota Semarang, Hedrar Prihadi, saat bercakap-cakap dengan Kapolri, Jendral Polisi Idham Aziz di pasar Karangayu Semarang. (foto Mushonifin/sigijateng)

Hadi meminta dukungan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Kesukseskan dalam pendisiplinkan protokol kesehatan adalah kerjasama TNI/ Polri, pemerintah daerah dan Pengelola serta masyarakat,” ujarnya.

General Manager Paragon Mall, Lie Jemmy mengatakan, jelang new normal pihaknya sudah memperketat protokol kesehatan untuk pengunjung. Mulai dari mewajibkan pengunjung mengunakan masker, tes suhu, cuci tangan hingga jaga jarak.

“Diseluruh tanent-tanent direstoran itu sudah kita beri tanda silang.  Yang boleh mana yang tidak boleh mana itu agar mereka jaga jarak,” jelasnya.

Meski telah siap menuju new normal namun menurut Lie tingkat kunjungan masyarakat ke Paragon mall masih cukup rendah. Tecatat hanya sebanyak 7 ribu pengunjung yang datang dihari biasa atau sebesar 30-40 persen dari jumlah kunjungan normal  yang mencapai 15 ribu pengunjung.

“Kalau weekend kita biasa 30 ribu tapi saat ini hanya mencapai kulang lebih 9 ribu, “imbuhnya. (Mushonifin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini