Kampanye di Masa Pandemi, Jurkam Luar Daerah Tak Perlu Bawa Surat Bebas Covid-19

Akmaliyah, anggota KPU Kabupaten Purworejo Divisi Sosdiklih SDM Area lampiran

PURWOREJO (SigiJaten) – Masa kampanye pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo akan berlangsung tanggal 26 September hingga 5 Desember mendatang. Kampanye di masa pandemi Covid-19, tentunya berbeda aturannya dengan kampanye pada Pemilu sebelumnya.

“Pasangan calon (Paslon), boleh mendatangkan juru kampanye (Jurkam) nasional atau Jurkam daerah. Mereka hanya perlu memberitahukan kedatangan Jurkam luar daerah ke Polres, tiga hari sebelum pelaksanaan kampanye,” jelas Komisioner KPU Purworejo Divisi Sosdiklih SDM, Akmaliyah.

Jurkam dari luar daerah juga tidak dperlu membawa surat keyerangan bebas Covid-19. Kampanye terbuka atau rapat umum diharapkan melalui daring. Jika akan diadakan di tempat terbuka atau tertutup, harus sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat, peserta yang datang hanya boleh 50% dari kapasitas lapangan atau ruangan.

“Kalau Paslon akan mengadakan pagelaran seni harus ijin terlebih dahulu kepada Satgas Covid-19,” lanjutnya.

KPU memfasilitasi Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho, spanduk dan umbul-umbul. Bahan kamapanye yang difasilitasi oleh penyelenggara Pemilu adalah flyer. “Debat terbuka akan dilaksanakan dua kali melalui live Youtube KPU Purworejo. Yang boleh masuk ruang debat pun hanya terbatas. Paslon diharapkan tidak membawa pendukung, mereka hanya cukup menyaksikan via aplikasi Youtube,” jelas Akmal.

Baca Berita Lainnya

Mengenai kampanye lewat media massa, masing-masing akan dibatasi jumlah dan harinya. Mereka hanya boleh memasang iklan di media massa pada waktu kampanye hingga 14 hari sebelum masa tenang (6/12). (Nurul MU)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here