Rencana KBM Tatap Muka Januari 2021 di Kendal Ditunda, Begini Penjelasan Disdikbud

Ilustrasi KBM di tengah pandemi.

Kendal (Sigi Jateng) – Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor 443/0017480 tentang Antisipasi Penanganan Covid-19 di Daerah, salah satu isinya mengintruksikan agar kabupaten/kota di Jateng untuk menunda rencana KBM tatap muka pada Januari 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi mengatakan dengan adanya intruksi Gubernur Jateng, pihaknya sudah meneruskan arahan atas penundaan rencana KBM tatap muka ke masing-masing kordinator wilayah pendidikan di Kendal.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi. Foto : Istimewa

“Intruksi tersebut sejalan dengan melihat perkembangan kasus Covid-19 yang terus mengalami kenaikan di Kabupaten Kendal.   Ibu Bupati dan Satgas Covid-19 juga meminta agar rencana KBM tatap muka ditunda,” katanya, Jumat (18/12/2020).

Menurut Wahyu, Disdikbud Kabupaten Kendal juga akhirnya juga menunda rencana pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka tersebut yang sedianya akan dilaksanakan Januari 2021 mendatang.

“Hal itu, berdasarkan  Surat Edaran Nomor 420/30014/Disdikbud tentang Pencegahan Penyebaran Covid-19 di satuan pendidikan yang isinya arahan penundaan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka pada awal 2021 nanti,” tuturnya.

Dengan adanya penundaan itu, pihaknya berharap semua satuan pendidikan dari tingkat TK, Paud, SD, dan SMP sederajat dapat mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh saat kalender sekolah tahun ajaran 2020/2021 dimulai. “Mengingat situasi dan kondisi Covid-19 di Kendal belum turun,” jelas Wahyu.

Wahyu meminta agar satuan pendidikan tetap menyiapkan daftar priksa sekolah berupa sarana dan prasarana pendukung protokol kesehatan guna menyiapkan diri manakala KBM tatap muka dibuka sewaktu-waktu.

“Sementara, para guru dan tenaga pendidik bisa mempersiapkan materi-materi pembelajaran jarak jauh. Saya harap, konsepnya lebih inovatif dan menyenangkan untuk siswa dalam menyambut pergantian tahun,” pungkasnya. (dye)

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak, Hindari Kerumunan dan tetap menjaga Imun).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini