Inilah Pabrik Furniture di Kota Semarang Jadi Langganan Artis-artis Hollywood

Gubernur Ganjar Pranowo saat berkunjung ke pabrik furniter di Genuk Semarang yang produknya menjadi langganan artis-artis Hollywood. ( foto aris syaefudin / sigijateng)

SEMARANG (SigiJateng) –  Ternyata di Kota Semarang terdapat pabrik furniture yang hasil produknya menjadi langganan artis-artis Hollywood di Amerika. Adalah PT Harrosan & Gill Java (H & G), beralamat di Jalan Raya Kauman Kudu Genuk Kota Semarang.

Hal ini diketahui setelah Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo melakukan kunjungan ke pabrik H & G, Jumat (3/7/2020).

Kunjungan dilakukan secara tidak sengaja, yakni ketika sedang gowes pagi, saat melintas di depan pabrik itu, penasaran dengan bentuk bangunan bergaya Eropa. Penasaran melihat gedung yang dilihat Ganjar pun masuk.

“Saya pas melintas di depan, melihat kok bangunan ini. Saya kira pabrik gula atau bangunan tua tak berpenghuni, ternyata pabrik furniture yang besar,” kata Ganjar Pranowo.

Kehadiran Ganjar ditemui langsung Direktur PT H & G Java, Martha Siahaan. Lantas Ganjar diajak melihat-lihat kondisi pabrik dan proses pembuatan furniture.

Dikatakan Marta Siahaan, pabrik ini berdiri tahun 1997, awalnya pabrik ini di Jepara. Kemudian pada 2001 pindah di Genuk. Usahanya bergerak di bidang design dan pembuatan produk furniture berbahan dasar kayu. Bahan baku furnitur produk H & G, menurut Marta sebagian besar dari Indonesia, hanya beberapa bahan baku yang diimpor. Bahannya kebanyakan kayu mahoni, hanya sedikit kayu jati. Hadil produk 100 persen di ekspor, mayoritas ke Amerika, lainnya ke Eropa, Timur Tengah dan Asia.

“Produk furnitur kami dikenal di dunia internasional. Banyak artis-artis Hollywood, Lady Gaga, Kim Kadarshian, Britney Spears, Holyfield, Paris Hilton dan lainnya memesan furnitur buatan H & G,” terang Marta.

Baca Berita Lainnya:

Para artis Hollywood tersebut terpikat dengan produk furniture asal Indonesia, karena  designnya sangat unik dan tidak umum, serta seni ukiran pada kayu dinilai mereka adalah yang terbaik.

“Kami juga pernah mendapatkan pesanan furniture dari Vatikan Italia untuk Paus. Ini karya anak bangsa, karena pekerja dan designernya asli anak Indonesia,” jelas Marta.

Menurut Marta dalam waktu pihaknya akan mulai membuka pasar dalam negeri untuk memenuhi permintaan yang juga cukup besar.

Sementara Ganjar merasa kagum, karena semua produk furniture di pabrik dibuat dengan sangat detil dan berkualitas tinggi.

“Ini tunjukkan pada dunia, bahwa produk furniture asal Jateng berkelas dan telah terkenal di negara besar dan artis Hollywood,” kata Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menyataan, akan mendorong perusahaan-perusahaan  sejenis agar terus bisa bangkit di tengah pandemi Covid-19. (Aris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini