Ini Hasil Tracing Bupati Pemalang, 1.000 Orang Dirapid Test, 180 Jalani Swab

Rapid Test Corona

PEMALANG (SigiJateng) – Setelah Bupati Pemalang Junaedi dan istri, serta dua pejabat lain di lingkungan Pemkab Pemalang dinyatakan positif Covid-19, gugus tugas setempat langsung melakukan tracing. Setidaknya sebanyak 1.000 orang harus menjalani rapid test.

Tentu sasarannya adalah mereka yang pernah memiliki kontak dekat dengan keempat pejabat ini pun kemudian langsung menjalani rapid test, hingga dilanjutkan pengambilan sampel swab.

Juru Bicara Penanggulangan Covid-19 Pemalang Tutuko Raharjo mengatakan, tracing dilakukan selama dua hari dan sebanyak 1.000 orang lebih menjalani tes cepat atau rapid test. Mereka terdiri dari ASN di lingkungan pemkab, TNI-Polri, lurah dan kades serta masyarakat sipil.

“Untuk hasilnya ada yang reaktif, dan dilanjutkan swab,” ujar Tutuko, Kamis (23/7).

Selain itu, pada hari Kamis ni, sebanyak 180 orang juga menjalani uji swab. Pengambilan sampel lendir untuk mendeteksi virus corona tersebut ditempatkan di halaman Gedung DPRD Pemalang.

“Untuk swab hasilnya masih menunggu,” lanjut Tutuko.

Pihaknya memastikan ketersediaan sarana tes tetap terpenuhi. Beberapa alat seperti PCR mobile juga sudah diajukan ke Pemprov Jawa Tengah. Diketahui, jumlah total kasus positif Covid-19 di Pemalang 77 orang, sembuh 39, masih dirawat 35 pasien, dan meninggal 3 orang.

Diberitakan sebelumnya, empat pejabat penting di Kabupaten Pemalang terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka adalah Bupati Pemalang Junaedi (58) beserta istri, Irna Setyawati (48) yang juga anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jateng. Keduanya saat ini menjalani perawatan dan isolasi di RSUD dr M Ashari Pemalang.

Adapun dua lainnya, yakni pejabat eselon I dan II, yakni Sekda Pemalang, Muhammad Arifin (54) dan Bejo Suwarno (59), yang kini menjabat kepala Badan Perencanaan Pendapatan Daerah (Bappeda). Pemalang juga positif covid-19. Mereka berdua dirawat dan isolasi di RSUD dr. M. Azhari Pemalang

Baca Berita Lainnya

Informasi itu disampaikan Juru Bicara Penanggulangan Covid-19 Pemalang Tutuko Raharjo, dalam konferensi pers, Selasa (21/7) malam di Posko BPBD Pemalang.

Dikatakan Tutuko Raharjo, Junaedi bersama istri dan sejumlah kepala OPD menjalani uji swab di Pendapa Kabupaten Pemalang pada Selasa (21/7/2020) siang. (Aris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini