Ini Doa Awal Tahun, Dibaca Pada Malam Tahun Baru Hijriyah

Ilustrasi

SIGIJATENG.ID – Setelah shalat asyar hari terakhir tahun hijriyah kita disarankan membaca doa akhir tahun, maka pada malam tahun baru Hijriyah kita dianjurkan membaca doa awal tahun.

Biasanya, di awal tahun kita memiliki harapan, keinginan seperti kelapangan rezeki, permohonan rahmat, memohon keselamatan dan sebagainya.

Dikutip dari NU online, disebutkan bahwa Mufti Jakarta abad 19-20 Habib Utsman bin Yahya dalam kitab Maslakul Akhyar menyebutkan doa awal tahun bulan Muharram yang disarankan dibaca sebanyak tiga kali.

Meski tidak disebutkan waktunya, namun karena di awal tahun maka diperkenankan membacanya sesudah Maghrib atau malam Tahun Baru Hijriah.

Berikut ini lafal doanya.


اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya : “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Dan atas karunia-Mu yang besar dan mulia kemurahan-Mu, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun meminta tolong-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku meminta aktivitas keseharian yang mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan”.

Nah itu tadi adalah doa yang disarankan untuk kit abaca pada awal Tahun Baru. Mudah-mudahan tahun ini akan menjadi tahun yang lebih baik dan kita pun juga bisa meningkatkan kualitas keimanan kita. Sangat dianjurkan, apabila di Bulan Muharam ini kita juga melakukan amalan-amalan sunah di Bulan Muharam. (Aris)

Baca Berita Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here