Indonesia Kaya Akan Jalur Rempah, Keberadaannya Bakal Dinominasikan sebagai Warisan Dunia

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus gaungkan keberadaan Jalur Rempah sebagai sebuah warisan budaya yang tak boleh ditelan perkembangan jaman. Foto : Kemendikbud

Denpasar (Sigi Jateng) – Potensi kekayaan yang dimiliki Indonesia menjadi harta yang paling berharga demi kelangsungan hidup anak cucu hingga di zamannya kelak.

Salah satunya yakni keberadaan Indonesia yang tak lepas menjadi jalur rempah-rempahan. Ditargetkan pada tahun 2024 nanti, keberadaan jalur rempah ini bakal dinominasikan sebagai warisan dunia yang diakui oleh UNESCO.

Untuk mewujudkan hal itu, pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus gencar menyosialisasikan dan menggaungkan keberadaan ‘Jalur Rempah’ kepada masyarakat, khususnya kepada generasi muda.

“Jalur Rempah sebagai sejarah tidak boleh ditelan perkembangan zaman. Harapan kami dalam program ini, kedepannya adalah kami ingin sekali jalur rempah ini bukan hanya untuk kepentingan sejarah yang sifatnya masa lalu, tetapi juga untuk zaman sekarang,” ujar Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid dalam keterangan resmi yang diterima di Kota Denpasar, Bali, Rabu(22/7).

Dalam dua tahun terakhir ini, kata Hilmar Farid, bahwa kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait dengan jalur rempah adalah telah melakukan pendataan, riset mengumpulkan hasil-hasil dan temuan-temuan di lapangan mengenai sejarah dan mengumpulkan data.

Menurutnya, potensi rempah yang dimiliki saat ini, akan memiliki kontribusi terhadap kesehatan global seperti yang sudah dilakukan selama ratusan tahun sebelumnya dengan khas yang bermacam macam. Baik bisa digunakan untuk makanan, pengobatan herbal maupun lainnya.

Baca Berita Lainnya

“Tidak seperti tambang yang semakin digali semakin habis, kalau budaya semakin digali semakin banyak yang keluar, jadi ini saya kira untuk masa depan Indonesia,” tutur Hilmar.

Terlebih di tengah masa pandemi COVID-19 atau virus Corona seperti saat ini, Hilmar menambahkan, jika rempah-rempah juga memiliki banyak manfaat seperti untuk meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat yang mengonsumsinya. (Ant/dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here