Imbas Covid-19, Rapat Paripurna Berlangsung Singkat, Segera Siapkan Revisi Anggaran

Rapat Paripurna DPRD Kendal berlangsung singkat dan cepat, selanjutnya membahas revisi anggaran untuk penanganan virus corona atau covid-19.

KENDAL (Sigi Jateng) – Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah Kabupaten Kendal TA 2019, yang digelar di gedung DPRD Kendal, berlangsung singkat dan cepat berbeda dari biasanya, Selasa (24/03/2020).

Sebelum memasuki ruangan, terlebih dahulu setiap peserta rapat diperiksa oleh tim medis dan membersihkan tangan dengan alat pembersih yang telah disediakan di depan ruangan.

Hal tersebut, berlaku bagi semua yang mengikuti agenda rapat paripurna terbuka. Mulai dari pimpinan dewan, wakil bupati, hingga para awak media yang datang melakukan tugasnya.

Ketua DPRD Kendal, H Muhammad Makmun mengajak semua pihak untuk melaksanakan instruksi dari pemerintah untuk langkah pencegahan meluasnya wabah virus corona atau covid-19.

“Sesuai tupoksinya bahwa DPRD sangat mendukung langkah pemerintah dan akan mengawal pelaksanannya,” kata dia saat memberikan sambutan.

Termasuk mendorong perombakan atau revisi anggaran daerah untuk penanganan covid-19 yang akan segera dibahas dengan komisi DPRD terkait bersama Tenaga Ahli Pemda beserta mitra OPD terkait.

“Ini situasi darurat. DPRD, Pemda, harus prihatin, dan tanggap terhadap situasi yang berkembang. Perombakan anggaran secepatnya akan kami lakukan untuk penanganan kasus corona ini,” terang H Makmun.

Menurutnya, revisi anggaran ini berdasarkan Intruksi Presiden nomor 4 tahun 2020 tentang refocussing kegiatan, realokasi anggaran, serta pengadaan barang dan jasa falam rangka percepatan penanganan corona virus delisease 2019 atau covid-19.

“Anggaran untuk penanganan corona tidak hanya untuk pengadaan alat kesehatan, namun akan dirumuskan mengenai dampak yang lainnya juga. Merebaknya virus covid-19 juga berdampak pada perekonomian masyarakat,” tuturnya.

Wakil Ketua DPRD Kendal, Achmad Suyuti menambahkan jika perkembangan wabah covid-19 juga berdampak pada sejumlah agenda kegiatan DPRD Kendal. “Selain sudah meniadakan dan menunda jadwal kunjungan kerja, agenda rapat pembahasan dan rapat paripurna lainnya juga manjadi dipersingkat,” imbuhnya.

Anggota dari Fraksi PDI Perjuangan ini juga berharap kepada masyarakat luas agar instruksi dan himbauan dari pemerintah untuk pencegahan penularan virus corona benar-benar diperhatikan dan ditaati. (Adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini