Hikmah Pagi: Mengapa Penghuni Neraka Banyakna Kaum Wanita? Ini Penjelasan Nabi Muhammad

Ilustrasi

SIGIJATENG –  Ada sebuah hadits yang sangat terkenal atau masyhur di kita bahwa wanita adalah penghuni paling banyak di neraka. Hadits dari Imran bin Husain radhiallahu anhu dari Nabi sallallahu’alaihi wa sallam bersabda: Aku diperlihatkan di surga. Aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum fakir. Lalu aku diperlihatkan neraka. Aku melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita.” (HR. Bukhari, 3241 dan Muslim, 2737)

Adapun sebabnya, Nabi sallallahu’alaihi wa sallam ditanya tentang hal itu, lalu beliau menjelaskan dalam riwayat Abdullah bin Abbas radhiallahu’anhuma, dia berkata, Rasulullah sallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

 “Saya diperlihatkan neraka. Saya tidak pernah melihat pemandangan seperti hari ini yang sangat mengerikan. Dan saya melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita. Mereka bertanya, ‘Kenapa wahai Rasulallah? Beliau bersabda, ‘Dikarenakan kekufurannya.’ Lalu ada yang berkatak, ‘Apakah kufur kepada Allah?’ Beliau menjawab, ‘Kufur terhadap pasangannya, maksudnya adalah mengingkari kebaikannya. Jika anda berbuat baik kepada salah seorang wanita sepanjang tahun, kemudian dia melihat anda (sedikit ) kejelekan. Maka dia akan mengatakan, ‘Saya tidak melihat kebaikan sedikitpun dari anda.” (HR. Bukhari, no. 1052)

Namun sesungguhnya penghuni surga ternyata yang paling banyak adalah wanita dibandingkan laki-laki, dengan sabda Rasulullah Saw.: “Sesungguhnya rombongan pertama yang masuk surga adalah dalam bentuk bulan di malam purnama. Kemudian diikuti oleh rombongan yang bercahaya seperti bintang yang berkilauan dilangit. Dari setiap orang dari mereka mempunyai dua istri, sumsum betisnya terlihat dari balik dagingnya dan tidak ada laki-laki bujangan di surga.” (HR. Muslim).

Hadis di atas menjelaskan bahwa dengan begitu kaum wanita di surga lebih banyak dari kaum laki-laki, karena setiap laki-laki penghuni surga setidaknya memiliki dua istri yang sangat cantik. Jadi di surga penghuni terbanyak adalah wanita dengan jumlah dua kali lebih banyak. (sumber hajinewsid).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini