Hendi Siapkan Semarang Smart Card untuk Bangkitkan Ekonomi

Hendi sedang memesan makanan di sela-sela kampanye. (foto Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Dalam visi misi yang diserahkan Calon Walikota Semarang, Hendrar Prihadi (Hendi) kepada KPU Kota Semarang, “Semarang Smart Card” tertulis sebagai salah satu program unggulan pasangan calon Hendi – Ita untuk periode 2021-2024. Adapun kartu pintar tersebut diinisiasi untuk nantinya akan menjadi single card masyarakat di Kota Semarang dalam mengakses berbagai layanan publik.

Dengan kartu tersebut nantinya masyarakat juga akan lebih dapat mengetahui statusnya masing – masing, untuk kemudian mendapatkan fasilitas dari pemerintah yang berkesesuaian, seperti misalnya terdaftar sebagai warga miskin, pelajar, atau pelaku UMKM.

Adapun rintisan “Semarang Smart Card” telah digagas Hendi sebelum dirinya sebagai calon Walikota Semarang petahana menjalani cuti kampanye, yaitu dengan mengganti paket bantuan sosial warga terdampak pandemi Covid-19, dengan kartu pintar.

Melalui kartu tersebut, warga tidak lagi menerima paket bantuan sosial secara langsung dari Pemerintah Kota Semarang, melainkan dari warung – warung sembako sekitar tempat tinggal. Program tersebut diinisiasi oleh Hendi agar kemudian juga terjadi transaksi ekonomi di masyarakat, yang dapat membangkitkan aktifitas ekonomi di Kota Semarang.

Di sela-sela kegiatan kampanyenya, Hendi menuturkan Semarang Smart Card sebagai single card warga Kota Semarang, akan mengintegrasikan seluruh layanan publik, untuk kemudian bisa dimanfaatkan masyarakat secara maksimal.

“Rancangannya, kartu tersebut nanti akan berisi data diri, yang terintegrasi ke Basis Data Terpadu milik Pemerintah Kota Semarang, sehingga dapat secara otomatis mengidentifikasi fasilitas untuk masing – masing,” jelas politisi PDI Perjuangan tersebut pada Jum’at (30/10/2020).

“Semisal yang bersangkutan masuk database warga miskin maka fasilitas bantuannya ini, yang pencari kerja dapat bantuan ini, yang petani dapat bantuan ini, yang home industri dapat ini, dan seterusnya,” terangnya.

Di sisi lain, Hendi menekankan fungsi Semarang Smart Card adalah untuk membangun sebuah ekosistem ekonomi di Kota Semarang, sehingga transaksi ekonomi bisa digerakkan secara langsung.

“Jadi dengan kartu ini transaksi berputar di Kota Semarang, misalnya dapat sembako dari warung terdekat, dapat pelatihan dari start-up atau lembaga pelatihan asli Semarang, sampai dapat pupuk juga dari kios di sekitar,” paparnya.

“Termasuk UMKM di Kota Semarang kalau ada program promosi atau diskon apapun juga bisa diintegrasikan. Dengan begitu maka akan meningkat transaksi ekonomi di Kota Semarang,” tutur Hendi optimis. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini