Harta Benda Kita Boleh Dibawa Mati, Begini Penjelasannya

SIGIJATENG – Orang muslim yang meninggal dunia hanya memakai kain kafan dan tidak membawa lainnya. Harta benda, kekayaan semua ditingal dan menjadi harta waris bagi keluarga. Jika keluarga soleh-solehah, Insya Allah tidak ada masalah.

Namun bagaimana jika ahli waris ada yang rakus, maka bisa menjadi petaka. Karena banyak kejadian, gara gara warisan saudara kandung bisa cekcok, bahkan sampai pembunuhan. Bahkan, juga anak rela mempolisikan ibunya setelah bapaknya meninggal dunia, atau sebaliknya. Naudzubillah mindzalik.

Sebetulnya Harta Benda Kita boleh kok dibawa mati. BISA KOK, BOLEH KOK harta benda dibawa mati, Tapi ada caranya dan ilmunya. Yakni dengan cara disodakohkan, diinfakkan. Sisihkan sebagian harta kita untuk amal, untuk berbagi. Dan itu dilakukan saat kita masih hidup. Dan harta itulah nanti yang akan menjadi teman / sahabat kita di akhirat kelak.

Ingat hadits nabi Muhammad SAW, Ketika anak adam meninggal dunia terputuslah segala amalnya kecuali 3 perkara, yakni shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat dan Anak sholih yg senantiasa mendoakan kedua org tuanya.

Dilansir dari islamposcom, Firman Allah, “… Wahai Tuhanku, alangkah baiknya Engkau lambatkan kedatangan ajalku sedikit waktu lagi, supaya aku dapat bersedekah,” (Surah al Munafiqun : 10). Sedangkan dia tidak berkata, “Supaya aku dapat mengerjakan umrah” atau “Supaya aku dapat shalat ” atau “supaya aku dapat berpuasa”?

Seorang ulama berkata, “Tidaklah seseorang yang telah mati itu menyebut untuk bersedekah melainkan karena kehebatan pahala yang telah dilihatnya selepas kematiannya.”

Maka hendaklah kamu perbanyak sedekah karena sesungguhnya seorang mu’min akan berada di bawah teduh pahala sedekahnya pada hari kiamat nanti.

Dan saat bersedekah, bisa diniatkan untuk bersedekahlah orang banyak, tidak khusus diri kita. Misalkan juga diatas namakan kedua orang tua kita, mertua kita, saudara kita, keluarga kita, baik yang masih hidup ataupun sudah meninggal dunia. Orang-orang yang sudah meninggal dunia, sesungguhnya mereka amat berharap untuk kembali ke dunia untuk bersedekah dan melakukan amalan soleh.

Oleh karena itu realisasikanlah harapan mereka. Dan latihlah anak-anak kita supaya membiasakan diri dengan bersedekah.

Bersedekahlah. Sesungguhnya Allah memberi ganjaran kepada orang yang bersedekah.

Inilah sejumlah faedah bersedekah/ berinfak?

  1. Amalan sedekah / infak itu adalah salah satu pintu dari pintu-pintu syurga.
  2. Sedekah adalah sebaik-baik amalan soleh dan sebaik-baik sedekah ialah memberi makan.
  3. Pahala sedekah akan menaungi pemiliknya pada hari kiamat dan melepaskannya dari azab neraka.
  4. Sedekah dapat memadamkan kemurkaan Allah dan panasnya kubur.
  5. Sedekah adalah sebaik-baik hadiah buat si mati, yang paling bermanfaat untuknya di kuburan dan yang ditambah oleh Allah akan rezeki (karena bersedekah).
  6. Sedekah adalah satu penyucian harta dan jiwa dapat menggandakan kebaikan.
  7. Sedekah adalah puncak kegembiraan si pemberi dan puncak wajahnya bercahaya di hari kiamat.
  8. Sedekah menjadi pengaman dari ketakutan pada hari huru hara besar dan hari yang tiada kesedihan karena hilangnya sesuatu darinya (hari kiamat).
  9. Sedekah menjadi puncak keampunan terhadap dosa dan penghapusan dari kejahatan.
  10. Sebagai pembawa berita gembira tentang akhir yang baik dan puncak doa malaikat buatnya.
  11. Orang yang bersedekah adalah orang yang terbaik di kalangan manusia.
  12. Pahala sedekah juga adalah untuk semua yang berkongsi tentang sedekah itu (bukan hanya untuk si pemberi).
  13. Pemberi sedekah dijanjikan kebaikan yang banyak dan pahala yang besar.
  14. Orang yang suka berinfaq adalah salah satu sifat orang yang bertaqwa.
  15. Dan sedekah menjadi puncak lahirnya kasih sayang hamba Allah kepada si pemberi.
  16. Sedekah tanda dermawan dan salah satu tanda kemuliaan dan kemurahan hati.
  17. Bersedekah memustajabkan doa dan memecahkan segala kesulitan.
  18. Bersedekah menolak bala dan menutup 70 kejahatan di dunia.
  19. Sedekah memanjangkan umur, menambah rezeki, menjadi puncak rezeki dan kemenangan.
  20. Sedekah menjadi obat, penawar dan penyembuh.
  21. Sedekah menghalang kebakaran, tenggelam akibat banjir dan kecurian.
  22. Pahala sedekah adalah tetap (tidak berbeda-beda) walaupun diberikan kepada hewan ternak atau burung-burung. Sumber: Kitab Ziarah ke Alam Barzakh (Al Imam Jalaluddin As-Suyuti) Artikel ini beredar viral di media sosial dan blog.

Bersedekah dan berinfak bisa kemana saja. Tentu jangan sampai untuk maksiat. Jika pada saat ini Anda ingin bersodakoh / berinfak namun belum punya tujuan, atau bingung mau disalurlan dimana, Ini ada alamat yang Anda bisa tuju, yakni ke; Panitia Pembangunan Masjid di Kp klipang RT 04 RW 01 Sendang Mulyo, Tembalang Semarang.

Dana / material bisa dikirim langsung ke Ketua Panitia Pembangunan Masjid H Abu Hasan tlp/wa 085101719594, atau ke Ketua Takmir Masjid H M Najib tlp/ wa 081328354275. Bisa ditranfer via BTN norek 0048601500014761 a/n Abu Hasan, Dan BRI Norek 303701008158534 a/n jais. (aris)

Berita Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here