Hari Bhayangkara ke – 74, TNI Polri Ziarah di Monumen Tugu Agil Kusumodiyo Blora

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan, saat melakukan Ziarah dan Tasyakuran di Monumen Tugu Agil Kudumodiyo, Senin (29/06/2020) (foto:agung/sigijateng)

BLORA (Sigi Jateng) – Polres Blora, Kodim 0721/Blora dan pemerintah setempat menggelar Ziarah dan Tasyakuran di Monumen Tugu Agil Kudumodiyo di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora, Senin (29/06/2020). Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke – 74 yang jatuh 1 Juli.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan, SIK. Turut serta Wakapolres Blora Kompol Drs Joko Watoro, Pejabat Utama Polres Blora, Kapolsek Eks Kawedanan Randublatung, serta Forkompincam Randublatung dan ADM Perhutani Randublatung serta Satpol PP beserta para purnawirawan.

Dipilihnya monumen Tugu Agil Kusumodiyo karena monumen ini adalah monumen bersejarah. Pada peristiwa Madiun Affair tahun 1948 telah gugur dua putra terbaik bangsa Indonesia yaitu Kolonel Soenandar dan AKBP Agil Kusumodiyo. Keduanya adalah pucuk pimpinan TNI/ Polri di wilayah Karasidenan Pati pada masa itu.

Keduanya diculik dari Kabupaten Pati dan dibawa ke hutan jati di wilayah Kecamatan Randublatung Blora oleh PKI, dimana mereka dipaksa untuk menandatangani persetujuan gerakan pemberontakan PKI di Pati.

Namun keduanya menolak dan akhirnya mereka gugur setelah dieksekusi (ditembak) dengan badan terikat pada pohon jati di pinggiran hutan di Randublatung. Kemudian di tempat ini dibangun tugu monumen Agil Kusumodiyo.

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan membeberkan kegiatan ini adalah salah satu wujud kebersamaan TNI, Polri dengan pemerintah setempat untuk memupuk rasa cinta tanah air serta untuk mengenang para pahlawan,

“Inti dari kegiatan ini adalah sebagai wujud kebangaan kepada para pahlawan, sekaligus untuk memupuk rasa cinta tanah air, apalagi ini menjelang Hari Bhayangkara ke-74,” ucap kapolres.

Yusmanto, salah satu purnawirawan sekaligus ketua PP Polri Blora yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut menceritakan bahwa ziarah kali ini adalah yang terbesar, yang digelar selama dirinya pensiun dari tugas kepolisian,

“Kegiatan ini adalah yang terbesar. Kegiatan ini melibatkan TNI, Polri, pemerintah setempat serta melibatkan purnawirawan. Tentunya kami bangga,” ucap Yusmanto.

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here