Gubernur Resmikan Sekolah Cerdas Perempuan Masa Kini Secara Virtual

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meresmika Sekolah Cerdas Perempuan Masa Kini secara virtual di ruang kerjanya, Selasa (24/11/2020).

SEMARANG (SigiJateng) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan Sekolah Cerdas Perempuan Masa Kini atau Serat Kartini secara virtual via zoom dari ruang kerjanya , Selasa (24/11/2020)

 Ganjar berharap, dari sekolah ini akan muncul perempuan-perempuan kritis yang menelurkan kebijakan sesuai perspektif gendernya. Peresmian Serat Kartini diinisiasi oleh Dinas P3AP2KB Provinsi Jawa Tengah.

“Saya rindu pada sosok perempuan yang berani dan inisiatif. Maka di dalam jabatan yang ada di Pemprov Jateng umpama, seringkali saya dudukkan (kepala dinas) perempuan). Cari yang galak sekalian, yang tidak takut siapa-siapa,” kata Ganjar saat memberikan sambutan.

Maskulinitas, menurut Ganjar, bisa didorong dengan keberadaan setidaknya 30 persen perempuan dalam sebuah kelompok. Ganjar menyebut, jumlah tersebut bisa menjadi kekuatan yang mempengaruhi.

“Saya harapkan sekolah ini akan bisa mendorong mereka untuk membuka wacana ya dulu, kedua bersedia untuk aksi, jadi terlibat menjadi partisipan gitu ya dan kita harapkan nanti ketika mereka berada pada jabatan itu tidak lupa, tetep kritis, maka kritis ini mesti dipelihara,” ucap Ganjar.

Ganjar juga berharap, dari sekolah ini pendidikan politik bisa dilaksanakan dengan baik. Kemudian, nantinya semakin banyak perempuan di Jateng yang berkontribusi memperjuangkan hak-haknya.

“Ini aset yang sangat luarbiasa yang hari ini butuh untuk kita taruh di jabatan publik dan kemudian mereka akan membuat kebijakan yang orientasi pada perspektif gendernya akan sangat bagus. Sekolah Perempuan Cerdas Masa Kini atau Serat Kartini, kita gunakan sebagai tempat belajar secara bersama-sama,” tandasnya.

Sebagai informasi, Sekolah Cerdas Perempuan Masa Kini atau Serat Kartini rencananya akan dilaksanakan minimal dua kali setiap bulannya. Selama pandemi, sekolah dilaksanakan secara virtual.

Peserta tidak dipungut biaya dan diikuti sebanyak 90 orang dengan peserta tetap sejumlah 50 orang dan 40 lainnya adalah peserta umum yang diundang secara acak oleh jaringan LSM. Serat Kartini ini, merupakan kerjasama antara DP3AP2KB dengan sejumlah LSM terkait. (kom/aris)

Berita Terkini:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini