Gawat!! Paslon Eisti-Jos Belum Memenuhi Syarat Pilkada Demak, Jos Harus Diganti

Suasana rapat pleno terbuka KPU Demak, Minggi (13/9/2020). ( foto ist)

DEMAK (SigiJateng) – Bakal pasangan calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati Demak Eisti-Jos dinyatakan KPU kabupaten Demak belum memenuhi syarat. Adapun untuk lawannya, yakni bapaslon Mugiyono dan Badruddin dinyatakan memenuhi syarat.

Hal itu disampaikan KPU setempat dalam rapat pleno terbuka penyampaian hasil penelitian keabsahan dokumen calon bupati dan calon wakil bupati Demak dalam pemilihan cabup dan cawabup Bupati Demak 2020 di Gedung KPU Demak, Minggu (13/9/2020).

Ketua KPU Demak Bamabang Setya Budi mengatakan dari semua hasil pemeriksaan bapaslon Mugiyono dan Badruddin statusnya memenuhi syarat. Namun ada satu catatan bahwa ada satu nama yang namanya enggan dicatut sebagai tim kampanye.

“Sedangkan pasangan dr Eistianah dan Joko Sutanto semua dokumen juga memenuhi syarat, kecuali dihasil pemeriksaan kesehatan Pak Joko Sutanto,” jelas Bambang.

Adapun Joko Susanto dinyatakan tidak memenuhi syarat dilihat dari arsip hasil tes kesehatan yang dikeluarkan oleh RSUP dr Kariadi Semarang.

Sesuai dengan ketentuan PKPU 9 tahun 2020 pasal 54 ayat 3, lanjut Bambang, maka Joko Sutanto tidak bisa melakukan perbaikan lagi untuk tetap maju sebagai cawabup.

“Karena perbaikan dikecualikan bagi pemeriksaan kesehatan,” katanya.

Baca Berita Lainnya

Adapun perbaikan yang bisa dilakukan pihak Eistianah untuk tetap maju ke Pilkada Demak 2020 adalah perbaikan komposisi dengan mengganti Paslon (Joko Sutanto) yang statusnya tidak memenuhi syarat.

Untuk perbaikan sendiri KPU memberikan tenggat waktu selama tiga hari, yaitu tanggal 14 hingga 16 September 2020. (aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here