FPP Undip Minta Peternak Kalkun Kudus Pantang Menyerah Saat Pandemi Covid-19

Penyerahan hibah indukan dan anakan kalkun oleh Ir. Bambang Sulistiyanto, M Agr.Sc, Ph.D , I.P.U. (FPP UNDIP) diterima oleh Fauzi Mahmud peternak kalkun di Kudus. ( foto ist)

SEMARANG (SigiJateng) –  Melalui program penguatan komoditas unggulan masyarakat peduli, Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang  memberikan bantuan hibah berupa indukan kalkun yang unggul dan produktif sebanyak 16 ekor betina dan 6 ekor jantan, kepada para peternak kalkun di Desa Undaan Kidul dan Medini Kabupaten Kudus.

Hibah indukan kalkun diberikan oleh Ketua Pelaksana Kegiatan Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., I.P.U. kepada kelompok tani ternak binaan Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Undip di wilayah itu, Selasa (14/7/2020).

Bambang Sulistiyanto mengatakan  ternak kalkun merupakan primadona baru Kabupaten Kudus,. Ayam kalkun juga secara resmi telah disahkan Pemda sebagai ikon baru Kabupaten Kudus.

“Namun, pandemi COVID-19 ini sangat berdampak pada peternak kalkun sehingga populasi kalkun menurun secara drastic,” kata Bambang Sulistyo.

Selain memberikan indukan kalkun, FPP Undip juga membantu 100 ekor anakan kalkun, pakan, obat-obatan dan multivitamu.  Harapannya, selain untuk menjaga ketersediaan daging kalkun, juga bisa menghasilkan minimal 100 – 150 ekor anakan kalkun dalam waktu kurang dari 2 bulan ke depan. 

 “Undip berharap para peternak kalkun di wilayah Kudus terutama Desa Undaan Kidul dan Medini tetap semangat dan pantang menyerah, serta berkreasi dalam mengembangkan kalkun,” kata Bambang .

Sementara, Fauzi Mahfud selaku perwakilan peternak Desa Undaan Kidul dan Medini Kudus menyatakan terima kasih dan menyambut baik bantuan kalkun ini.

BERITA LAINNYA:

“Kami sangat berharap Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip untuk selalu mendampingi dan memberikan pengetahuan budidaya kalkun, dari hulu hingga hilirnya, sehingga kami dapat segera mengejar kemajuan sahabat peternak kalkun yang telah dibina Undip sebelumnya,” kata Fauzi. 

Kerjasama peternak yang bermitra dengan Perguruan Tinggi ini akan memberikan kemajuan perkembangan peternakan Kudus. Sehingga kemajuan usaha kalkun di Kabupaten Kudus dapat segera terwujud. (rizal)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini