KPU Tetapkan DPT Pilwalkot Semarang, Jumlah Pemilihnya Banyak Perempuan

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Goeltom menandatangani penetapan DPT di Hotel Patra Jasa Semarang. (Mushonifin/Sigi Jateng)

SEMARANG (Sigi Jateng) – KPU Kota Semarang menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilihan Walikota Semarang berjumlah 1.174.068. Jumlah tersebut terdiri dari, dari 569.266 laki-laki dan 604.802 perempuan. Angka tersebut nanti akan digunakan sebagai acuan pengadaan surat suara.

“Nah angka ini yang akan kita gunakan untuk penyediaan surat suara,” kata ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Goeltom seusai rapat pleno terbuka penetapan DPT di Hotel Patra Jasa, Rabu (14/10/2020).

KPU sendiri akan melakukan program pemeliharaan daftar pemilih yang meliputi fasilitasi pindah domisili, pindah tempat memilih, dan pemilih meninggal dunia. Pihaknya juga akan melakukan pendataan pada daftar pemilih tambahan.

“Setelah ini kami akan melakukan pemeliharaan. Dalam pemeliharaan itu nanti kita akan memfasilitasi semisal pindah tempat memilih, perbaikan data pemilih, dan sebagainya,” jelasnya.

“Nanti juga akan ada daftar pemilih tambahan untuk mereka yang belum tercantum di DPT ini,” tegasnya.

Dalam pemeliharaan ini nantinya KPU akan bekerjasama dengan pihak Kecamatan dan Kelurahan untuk merecord (merekam) update terbaru soal penduduk yang mungkin pindah domisili, meninggal, atau tidak bisa datang ke TPS.

Pria yang akrab disapa Nanda itu juga mengatakan jika nanti ada yang sakit parah baik karena covid-19 maupun tidak yang bersifat opname di rumah sakit atau di rumah, nanti akan didatangi petugas KPPS masing-masing.

“Nanti yang diisolasi karena covid akan didatangi petugas KPPS yang memakai APD lengkap dan baju hazmat dan berkoordinasi dengan gugus tugas covid-19 agar tidak salah penanganannya,” bebernya.

“Terkait jumlah TPS untuk pasien covid-19, nanti akan dilayani setelah jam 12 siang. Pelayanannya sama seperti orang sakit parah lainnya,” pungkasnya.

Dalam acara penetapan DPT ini hadir pula perwakilan dari Bawaslu Kota Semarang, Tim Pemenangan Calon, Kecamatan, dan Kelurahan se-Kota Semarang. (Mushonifin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here