Doa Akhir Tahun, Jangan Lupa Dibaca Sore Ini Sebelum Maghrib

Ilustrasi

SIGIJATENG.ID, – Tahun baru Hijriyah (Islam) 1 Muharrom 1442 H jatuh hari Kamis (20/8/2020). Itu artinya, hari ini adalah hari ini adalah hari terakhir tahun 1441 H. Malam nanti umat Islam akan merayakan pergantian tahun atau Tahun Baru 1442 H.

Biasanya, sebelum tahun berganti, umat Islam disarankan untuk membaca doa kahir tahun. Doa akhir tahun ini sekaligus sebagai refleksi perjalanan kita selama satu tahun terakhir. Dikutip dari laman NU online, doa akhir tahun disebut dengan doa warid.

Doa yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk dibaca di akhir tahun ini dimasukkan oleh Mufti Jakarta abad 19-20 yakni Habib Utsman bin Yahya dalam karyanya Maslakul Akhyar sebagai berikut.


اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Artinya : “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah”.

Doa akhir tahun ini dibaca sebanyak 3 kali pada saat sesudah Ashar hingga sebelum Maghrib. Dengan doa ini, semoga akhir tahun kita menjadi akhir tahun yang baik dan semoga Allah menerima doa kita. (aris)

Baca Berita Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here