Diluar Dugaan, Donasi untuk Seniman di Panggung Kahanan Tembus Rp 359 Juta

Penari Divanti dan Sinta saat menampilkan Tari Gemratang Jati di Panggung Kahanan di Puri Gedeh Semarang, Jumat (15/5/2020) ( foto istimewa)

SEMARANG (SigiJateng) —  Antusias warga untuk berbagi atau mendonasikan dananya untuk seniman di Jawa Tengah luar biasa. Sejak dibuka lima hari, pada Jumat (15/5/2020) sore, sementara dana yang terkumpul mencapai Rp 333 juta rupiah. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap donasi tersebut bisa memicu kreativitas para seniman di masa Pandemi ini.

Total donasi sementara Panggung Kahanan yang diperuntukkan bagi para seniman tersebut disampaikan Sarju, MC Mositifi COVID-19 Panggung Kahanan edisi ke 6 pada Jumat (15/5) di rumah dinas Gubernur Jawa Tengah, Puri Gedeh.

“Wao. Donasi hari ini sudah terkumpul Rp 333 juta sekian sampai sore ini. Thank you,” kata Sarju.

Dia menjelaskan seluruh donasi yang terkumpul nantinya akan disalurkan kepada para seniman di Jawa Tengah dan sekitarnya. Menurut Sarju banyak pegiat seni maupun pelaku industri kreatif yang terkena dampak COVID-19. Dari tidak bisa manggung sampai membatalkan jadwal-jadwal yang telah tersusun jauh-jauh hari.

“Untuk para donatur ini nanti akan kita share ke pelaku seni di Jawa Tengah. Karena secara langsung industri kreatif juga terdampak COVID-19 ini,” katanya.

Namun begitu acara selesai, dan dilakukan pengecekan rekening total bantuan donasi yang masuk telah mencapai Rp 359 juta.

Capaian tersebut tentu sangat menggembirakan, karena tingginya partisipasi serta kepedulian masyarakat terhadap para seniman. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap donasi tersebut bisa dimanfaatkan seniman jadi pemicu agar kreativitas para seniman tidak tumpul di tengah Pandemi.

“Mudah-mudahan Panggung Kahanan ini tetap mendorong seniman untuk berkarya. Makanya kita dorong untuk ada donasi agar teman-teman seniman tetap urip (hidup),” kata Ganjar.

Dalam Panggung Kahanan edisi ke 6 tersebut pertunjukan eksentrik disajikan para seniman. Dari tarian tradisi, jazz, bossanova, pembacaan puisi hingga penampilan memukau band ternama asal Kota Semarang yang terbiasa cover lagu-lagu Slank, Candidath.

Untuk jazz dan bossanova dibawakan oleh Ari Kurniawan & Friends Wong Tani dari Temanggung, dan Bank Jateng Band. Penampilan keduanya jadi memukau dengan iringan saxophone. Bahkan aksi saxophone dari Bank Jateng Band terlihat paling menonjol karena dimainkan langsung oleh Direktur Utama, Supriyatno.

“Harapannya menghibur dan bisa memfasilitasi donasi. Para seniman  ini banyak tidak bisa manggung. Ini kesempatan seniman. Seniman dalam kondisi sempit ini tetap berkarya,” ujar Dirut Bank Jateng yang juga personel band, Supriyatno.

Untuk donasi bagi seniman masyarakat bisa menyalurkan lewat Bank Jateng di nomor rekening 2032191919 an Panggung Kahanan. Perhelatan juga bisa disimak pada tayangan Livestreaming di channel YouTube dan akun Facebook Ganjar Pranowo. Panggung Kahanan sendiri masih menyisakan tiga edisi dan akan berlangsung sampai Jumat pekan depan. (Aris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini