Diklaim Terbesar se Indonesia, Pasar Tanaman Hias di Bogor ini, Harga Jual Capai Ratusan Ribu Hingga Puluhan Juta Rupiah

Melihat kemeriahan pasar tanaman hias di Bogor (Foto: detikcom)

Bogor (Sigi Jateng) – Beragam jenis tanaman hias dari petani yang kini hadir dan berada di Pasar Tanaman Hias di kawasan Bogor Selatan, Kota Bogor diklaim terbesar se-Indonesia. Aneka ragam tanaman hias tersebut dibandrol harga mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, pasar tanaman hias ini memiliki potensi besar untuk membangkitkan dan meningkatkan perekonomian, khususnya untuk petani tanaman hias di masa pandemi.

“Kegiatan yang didukung sektor wisata ini diinisiasi oleh Ade Wardhana (CEO Minaqu Home Nature). Kita sangat memberikan penghargaan dan kesempatan bagi para petani serta pedagang tanaman hias untuk mempunyai chanel penjualan yang lebih terfokus,” kata Dedie A Rachim, seperti dikutip detikcom, Minggu (29/11/2020).

Dikatakan Dedie, bahwa Pasar Tanaman Hias ini juga mendapat dukungan langsung dari Dirjen Holtikuktura untuk mendukung agro eduwisata di Kota Bogor dan edukasi bagi para petani tanaman hias terkait proses ekspor tanaman hias.

“Ini bisa jadi satu kesempatan untuk belajar ekspor bagaimana kualitas tanaman hias dan jenis tanaman hias yang diminati dan langka. Jadi budidayanya bisa terus dikembangkan dan bisa menambah keberagaman tanaman hias dan bernilai ekonomi,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Minaqu Home Nature Yasmin Sanad mengatakan, pasar tanaman hias ini dibangun sebagai upaya membangkitkan ekonomi tanaman hias di masa pandemi. Di lokasi ini, kata Yasmin, juga ada edukasi bagaimana cara mengurus dokumen ekspor dan kualitas tanaman untuk ekspor.

“Ada 70 petani kita bikin ini kita dapat fasilitas tempatnya dari jungle fest PT GAP, kemudian kita bangun 70 kios yang diberikan secara gratis kepada para petani ini. Harga tanamannya bervariatif, mulai dari ratusan ribu sampai puluhan juta,” kata Yasmin.

Pasar tanaman hias ini dibangun di kawasan Perumahan Bogor Nirwana Residen (BNR) Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

“Selain itu, disini para petani bisa mendapat edukasi bagaimana cara mengurus dokumen ekspor dan kualitas tanaman untuk ekspor. Tanaman hias yang ada disini juga beragam, banyak tanaman yang lagi hits juga,” imbuhnya. (Dtc/dye)

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak, Hindari Kerumunan dan tetap menjaga Imun).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini