Diguyur Hujan Deras, Belasan Rumah Dilaporkan Rusak dan Satu Warga Dilarikan di Rumah Sakit

Foto-foto Dok. BPBD Purworejo

Purworejo (Sigi Jateng) – Diguyur hujan deras semalaman, banjir dan tanah longsor melanda wilayah Purworejo Jawa Tengah. Akibatnya belasan rumah belasan rumah dilaporkan rusak dan satu orang dilarikan ke rumah sakit sebab tertimpa material longsor.
Diketahui, hujan deras terjadi sejak Minggu (25/10) sore hingga Senin (26/10/2020) pagi mengakibatkan banjir dan tanah longsor.

Meski tidak ada korban jiwa, tapi sedikitnya 7 rumah rusak berat sebab terkena longsor. Sedangkan satu orang terluka sehingga dilarikan ke rumah sakit.

“Tanah longsor di Dusun Pencil, Desa Kalijering, Kecamatan Pituruh yang mengakibatkan 7 rumah rusak berat dan jalan Dusun Kaliduren-Gupit tertutup tanah longsor. Satu orang cedera kepala sudah dibawa ke RSUD Prembun, 15 jiwa mengungsi di tetangga. Saat ini sedang penanganan petugas,” kata Kasi Kedaruratan BPBD Purworejo, seperti dukutip detikcom, Senin (26/10/2020).

Selain di Desa Kalijering, longsor juga terjadi di desa lain di Kecamatan Pituruh. Beberapa rumah juga dilaporkan rusak akibat terkena longsoran sehingga jumlah total rumah rusak ada sekitar 12 rumah.

Longsor juga sempat menutup akses jalan utama Purworejo-Magelang yang mengakibatkan arus lalu lintas macet total sejak malam tadi, namun kini sudah lancar kembali.

“Wilayah Pituruh yang banyak terdampak longsor. Di antaranya Desa Kaligintung, Kapiteran, Kaliglagah, Kalijering, Kedungbatur dan Somogede. Untuk longsoran di Desa Ketosari, Kecamatan Bener yang tadi malam menutup jalan utama Purworejo-Magelang sudah terkondisikan, arus lalu lintas sudah normal kembali,” imbuhnya.

Tak hanya longsor, banjir setinggi 1 meter juga menggenangi beberapa desa di Kecamatan Pituruh. Meski sempat masuk ke pemukiman penduduk, namun kini air sudah surut dan tidak ada lagi genangan air.

“Untuk banjir semuanya sudah surut, sudah tuntas. Sekarang tinggal penanganan longsor,” pungkasnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak, Hindari Kerumunan dan tetap menjaga Imun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini