Di Barak Pengungsian, Anak-anak Lereng Merapi ini Tetap Belajar Daring

Anak-anak belajar di barak pengungsian Glagaharjo, Cangkriman, Sleman. (Foto: detikcom)

Sleman (Sigi Jateng) – Dengan adanya peningkatan aktivitas vulkanik di Gunung Merapi, sebanyak 185 jiwa dari Padukuhan Kalitengah Lor saat ini telah mengungsi ke barak pengungsian di Kalurahan Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Selain lansia dan ibu hamil ada juga anak usia sekolah juga.

Kendati ditinggal di barak pengungsian, namun bagi anak-anak harus tetap harus belajar. Seperti terlihat di barak pengungsian sejumlah anak nampak belajar. Ada yang membaca sejumlah buku pelajaran seperti pelajaran bahasa hingga matematika.

Salah seorang siswa kelas 5 yang ikut mengungsi, Nabila (11) mengaku tetap belajar meski mengungsi. Untuk hari ini dia belajar pendidikan kewarganegaraan dan matematika.

“Tetap belajar, tadi mulai dari jam 8 (pagi). Ada PPKn ada matematika, semua buku dibawa ke sini,” kata Nabila, seperti dikutip detikcom, Senin (9/11/2020).

Nabila mengaku untuk belajar harus ada sinyal internet. Beruntung, akses internet di barak juga telah disediakan oleh Pemkab Sleman.

“Iya ngungsi karena adanya status Gunung Merapi. Belajar di sini enak WiFi lancar, tapi lebih enak di rumah,” ujarnya.

Marsya (7) siswa kelas 1 ini juga mengungkapkan sejak diminta mengungsi dia sudah mempersiapkan buku pelajaran untuk dibawa. “Dari rumah bawa buku pelajaran. Bawa buku matematika, Bahasa Jawa, Bahasa Inggris,” tuturnya.

Sementara itu, Wahyu Nur Eksani salah satu orang tua mengatakan untuk fasilitas WiFi memadai. Akan tetapi, dengan kondisi seperti ini anak sering kurang konsentrasi sebab di pengungsian suasananya ramai.

“Agak terganggu, kadang di sini (barak) berisik. Jadi konsentrasi anak agak kurang. Internet ada WiFi. Kalau di rumah juga dapat kuota dari pemerintah,” katanya.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Sleman, Joko Supriyanto menjelaskan sejak awal pihaknya sudah menyiapkan WiFi di barak pengungsian. “Ini sudah dinaikkan (kecepatan) setelah ada masukkan, ini untuk fasilitas anak-anak belajar dan juga relawan dan rekan media,” tandasnya.(dtc/dye)

Baca Berita Lainnya

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak, Hindari Kerumunan dan tetap menjaga Imun).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here