Desa Pesawahan Banyumas Diresmikan Jadi Kampung Tangguh, Ini Rahasianya

Wakapolresta Banyumas bersama dengan Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, dan Dandim 0701 Banyumas saat meresmikan Desa Pesawahan Jadi Kampung Tanggung Candi Nusantara, Kamis (25/6/2020). ( foto humas)

BANYUMAS (SigiJateng)– Desa Pesawahan Kecamatan Rawalo Banyumas diresmikan menjadi Kampung Tangguh Nusantara Candi. Peresmian dilakukan Kamis (25/6/2020)  oleh Wakapolresta Banyumas bersama dengan Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, dan Dandim 0701 Banyumas.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, ditetapkannya Desa Pesawahan sebagai  Kampung Tanggung Nusantara Candi karena kedisplinan masyarakat desa setempat dalam menerapkan protokol kesehatan dalan aktivitas keseharian selama pandemi Covid-19.

“Saya lihat desanya bersih. Masyarakatnya juga semua pakai masker. Di depan rumah ada tempat cuci tangan. Semoga ini berkelanjutan, dan dapat ditiru oleh desa di sekitarnya termasuk desa tetangga kecamatan,” kata Bupati Husein.

Tidak hanya warganya disiplin, tambah Husein, Desa Pesawahan juga memiliki beberapa fasilitas pendukung penanganan pandemi Covid-19. Seperti Rumah Percontohan Protokol Kesehatan, pos makanan bergizi, pos UMKM keripik tempe, lumbung padi warga, pos penanggulangan bencana, pos kesehatan desa, dan lain sebagainya.

“Seluruh kegiatan penanganan Covid-19 di desa tersebut bahkan didokumentasikan dalam bentuk video yang disaksikan bersama saat acara peresmian Kampung Tangguh,”terangnya.

Menurut bupati, hal yang lebih penting adalah implementasi masyarakat Desa Persawahan. Bupati berharap warga benar-benar menjaga kampungnya secara rutin dengan melakukan pantauan ketat, saling jaga, serta menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu Wakapolresta Banyumas AKBP Kristanto Yoga Darmawan, mengatakan, peresmian Kampung Tangguh Nusantara Candi adalah upaya kepolisian untuk membentuk masyarakat yang mandiri dan berdaya.

“Karena sumberdaya manusia adalah aset yang utama sehingga diharapkan dengan pembentukan kampung tangguh nusantara ini yang memenuhi lima kriteria tangguh yaitu tanggap informasi, tanggap kesehatan, tanggap keamanan dalam mengelola kamtibmas,” ujar Wakapolresta Kristanto.

Wakapolresta, menilai desa Pesawahan dinyatakan siap untuk menjadi Kampung Tangguh sehingga dapat ditiru oleh kampung-kampung lainya yang bekerja sama dengan seluruh stakeholder dan elemen masyarakat.

“Kampung Tangguh Nusantara Candi Desa Pesawahan ini diharapkan bisa menjadi percontohan bagi masyarakat di kampung-kampung yang lainnya di Kab. Banyumas,” pungkas Kristanto. (Aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here