Deklarasi Damai Pilwalkot Semarang, Tak Ada Kampanye Terbuka

Hendi-Ita saat membacakan deklarasi damai Pilwalkot Semarang 2020. (foto mushonifin/sigijateng)

SEMARANG (Sigi Jateng) – KPU Kota Semarang menyelenggarakan deklarasi kampanye damai dan penandatanganan Pakta Integeritas bersama kandidat Walikota Semarang, Pelaksana Tugas Walikota Semarang, dan Forum Komunikasi Piminan Daerah di Hotel Gumaya pada Sabtu pagi (26/9/2020).

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Goeltom mengatakan bahwa pada pilkada kali ini cukup berbeda karena ada peraturan baru di antaranya protokol kesehatan covid-19.

“Pembatasan bukan sekedar aman dan sukses, tapi semua komponen masyarakat terbebas dari paparan covid-19 pada pelaksanaan pilkada kali ini,” ucapnya.

Acara ini dilakukan secara virtual dengan diikuti oleh seluruh partai pendukung. “Selamat datang pula pada seluruh partai yang hadir secara virtual. Terimakasih karena sahabat-sahabat pimpinan parpol di masing-masing DPC dan DPD menjadi bagian semua kegiatan kami melalui youtube, fb, live streming dan plattform media sosial lainny,” ungkap pria yang akrab disapa Nanda pada seluruh parpol yang hadir melalui online.

Sementara itu, Kapolrestabes semarang, Kombes Pol Auliansyah Lubis mengatakan bahwa untuk pilkada kali ini, sesuai dengan maklumat MK dan instruksi presiden ada empat poin yang harus ditaati.

“Pertama, tetap jaga keselamatan jiwa, terkait pencegahan covid. Kedua, penyelenggaraan kegiatan wajib melaksanakan protokol kesehatan. Ketiga, tidak melebihi jumlah kapasitas peserta yang telah ditentukan. Dan keempat, membubarkan diri tanpa arak-arakan dan konvoi,” ungkapnya.

Pada pernyataan deklarasi sendiri, Hendrar Prihadi selaku calon walikota Semarang menegaskan akan meminimalisir kegiatan-kegiatan terbuka dan membatasi lima puluh orang setiap kegiatan tertutup.

“Jadi nanti tidak ada konser, konvoi, atau kampanye di lapangan. Semuanya berbasis online. Kalaupun ada rapat umum, itu nanti hanya di dalam ruangan dan dibatasi 50 orang yang hadir,” jelas Hendi. (Mushonifin)

Berita Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here