Debat Kedua Pilwakot Solo, Gibran : Solo Tak Boleh Kehilangan Jati diri, Bajo : Keraton Harus Direhab

Debat Publik II berlangsung di Studio TATV, Solo, Kamis (3/12/2020) malam.

SOLO (Sigi Jateng) – Debat Publik putaran dua berlangsung di Studio TATV Kecamatan Mojosongo, Solo, Kamis (3/12/2020). Debat kedua kali ini bertema (Memajukan Kota Solo sebagai Kota Budaya yang Inovatif dalam Keberagaman melalui Kolaborasi dan Penguatan Civil Society). Debat berlangsung selama dua jam dari pukul 19.30 sampai 20.30.

Namun sedikit disayangka karena ada beberapa jawaban yang disampaikan tidak menjawab esensi pertanyaan yang diajukan. Ketidaknyambungan pertanyaan dan jawaban dilakukan kedua paslon.

Dalam debat tersebut, calon wali kota solo nomor urut 01, Gibran Rakabuming Raka menilai, Kota Solo yang  modern tak boleh berdiri di puing artefak lama.  Warisan budaya menjadi pilar magnet wisata Kota Solo.

” Solo masa depan adalah Solo masa lalu. Solo tak boleh kehilangan jati diri, dan karakter,” terang Gibran.

Anak-anak didorong agar bisa main gamelan agar punya kecintaan dan memiliki akar budaya kuat.

Sementara itu, calon wali kota nomor urut 02, Bagyo Wahyono berencana merenovasi keraton Solo agar menarik wisatawan.

“Keraton harus kita rehab, kemudian wayang orang seperti ketoprak dan keroncong-keroncong itulah yang bisa menarik wisata dalam negeri dan luar negeri,” kata Bagyo.

Dalam segmen ke-4 Calon Nomor urut 02 Bagyo Wahyono – FX Suparjo memaparkan program mereka. Bagyo mengatakan, dalam perkembangan kedepan kota Solo akan dibuatnya sama rata artinya, kaya – miskin bisa berembuk bersama. 

Persoalan yang ada juga akan langsung diminta diuraikan oleh ahlinya. ” Budaya serahkan ke ahlinya, Ekonomi ahli ekonomi,” ujarnya.

Menurut dia, bukan hanya para ahli saja yang diundang dalam program rembuk bersama Kota Solo.

“Semua rembuk bersama, lesehan di Balai Kota Solo,” ungkap Bagyo.

Sementara itu, para pengusaha Solo bisa jadi bapak asuh untuk mereka yang membutuhkan, jadi mengetuk hatinya. (Raditya Hermansyah)

Berita Lainnya:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini