CHSE, Pemkot Semarang Adakan Bimtek Pegiat Wisata di Era New Normal

. Masdiana, Asisten Walikota Semarang, sedang memberikan sambutan pembukaan. (Foto Mushonifin/sigijateng)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyelenggarakan Bimbingan Teknis dan Program Penerapan Cleanlines, Healthy, Safety and Environmental Sustainabolity (CHSE) untuk pegiat wisata Kota Semarang di Hotel Grasia, Senin (23/11/2020).

CHSE adalah sebuah program wisata yang mengedepankan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkingan.

Peserta bimtek CHSE berfoto bersama. (Mushonifin)

Masdiana, Asisten Walikota Semarang yang membuka acara itu mengatakan bahwa kebersihan dan kesehatan adalah sebuah program wajib yang harus dilaksanakan dunia pariwisata pada era new normal ini.

“Kondisi pandemi yang tidak jelas kapan akan berakhir ini menuntut kita untuk hidup sehat, bersih, dan aman. Terutama di dunia pariwisata. Karena kota harus berdamai dengan situasi pandemi ini,” ungkapnya.

Masdiana juga mengatakan di semua destinasi wisata baik hotel, resto, caffe, atau di luar ruanhan harus ada area evakuasi.

“Dalam sebuah destinasi wisata harus ada area evakuasi. Bila perlu harus ada ruang isolasi jika ada pengunjung atau pekerja yang positif covid-19,” jelasnya.

Masdiana juga meminta setiap tempat wisata harus mampu mengendalikan kerumunan.

“Di tempat wisata harus selalu mewaspadai kerumunan,” tegasnya.

Nur Wahid, salah satu pembicara dalam bimbingan teknis mengatakan bahwa pegiat wisata adalah motor untuk memperkenalkan hal-hal positif.

“Penggiat wisata adalah salah satu motor untuk memperkenalkan hal-hal positif di Semarang apalagi Kota Semarang telah mendapat penghargaan Kota Terbersih se Asia Tenggara,” jelasnya.

“Tapi kita harus mempertahankan kebersihan itu. Mengaplikasi kebersihan itu bagaimana, malu kan kita kalau sudah dapat penghargaan Kota Terbersih malah ternyata masih kotor,” pungkasnya. (Mushonifin)

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak Hindari Kerumunan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here