Cegah Potensi Penyalahgunaan Keuangan, Dinkes Kendal Launching Cashless System

Launching Cashless System ini ditandai dengan penyerahan simbol barkode untuk Cashless System dari Wakil Bupati Kendal kepada Kepala Dinas Kesehatan Kendal Ferinando Bonay.

Kendal (Sigi Jateng) – Dinas Kesehatan Kendal melaunching Cashless System bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-56 pada Kamis (12/11/2020).

Cashless System merupakan alat pembayaran pelayanan di puskesmas dengan tidak menggunakan uang tunai, namun secara non tunai melalui aplikasi. Dengan demikian pembayaran jasa pelayanan langsung masuk rekening.

Sekretaris Dinkes Kendal dr Budi Mulyono mengatakan, saat ini baru diterapkan di satu puskesmas, yaitu Puskesmas Brangsong 2. Secara bertahap pada pertengahan tahun 2021 sudah ada 15 puskesmas menerapkan Cashless System.

Ditargetkan sampai akhir tahun 2021 seluruh puskesmas di Kabupaten Kendal yang berjumlah 10 puskesmas sudah menerapkan Cashless System. “Puskesmas Brangsong 2 memang sudah dipersiapkan fasilitas untuk menerapkan Cashless System, sedangkan untuk puskesmas lainnya di tahun 2021 sudah menerapkan semuanya,” katanya.

Dengan adanya Cashless System ini, lanjut dr. Budi Mulyono, nantinya akan meningkatkan akuntabilitas, transparansi dan efisiensi dalam pengelolaan keuangan.

Cashless System juga memudahkan pelayanan, karena tinggal masukkan NIK yang sudah terintegrasi dengan Disdukcapil. “Dengan Cashless System juga mempercepat laporan keuangan, sekaligus mencegah terjadinya penyalahgunaan keuangan, kerana tidak ada uang cash, tapi langsung masuk rekening,” jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur mengatakan, dengan adanya Cashless System ini untuk meningkatkan pelayanan di puskesmas agar lebih tertib dan mencegah terjadinya penyimpangan, karena uang yang diterima langsung masuk rekening, sehingga tidak ada uang dalam bentuk cash.

Nantinya seluruh puskesmas harus menggunakan Cashless System sesuai anjuran dari BPK RI untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam hal keuangan.

Baca Berita Lainnya

“Pada Hari Kesehatan Nasional tahun ini moment yang utama adalah Dinkes Kendal melaunching Cashless System yang tujuannya agar pengelolaan keuangan lebih tertib, dan karena tidak ada uang yang beredar yang berpotensi adanya penyelahgunaan,” tandasnya. (Dye).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini