Cegah Penyebaran Covid-19, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Edukasi Anak-Anak Pentingnya Terapkan 3M

foto bersama usai ajari anak-anak pentingnya terapkan 3M (dok: Alfiya)

DEMAK (Sigi Jateng) — Dalam rangka mencegah penyebaran covid-19, divisi kepedulian Covid-19 Kelompok 72 KKN R-DR (Kuliah Kerja Nyata Reguler Dari Rumah) ke-75 UIN Walisongo Semarang berikan edukasi kepada anak-anak pentingnya menghindari penyebaran Covid-19. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Ruwit, Wedung, Kabupaten Demak.

Mahasiswa KKN menghimbau anak-anak untuk selalu menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar agar terhindar dari Covid-19. Salah satu contohnya yakni merapkan 3M, memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir, dan menjaga jarak menghindari kerumunan.

Mahasiswa KKN UIN R-DR UIN Walisongo edukasi anak-anak mengenai bahaya virus di telapak tangan melalui penayangan video (dok: Alfiya)

Alfiya, Mahasiwa KKN R-DR UIN Walisongo mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan lantaran prihatin dengan anak-anak yang belum bisa menjaga dirinya. Kegiatan dilakukan Rabu (28/10/2020).

“Kami melakukan kegiatan ini karena prihatin dengan anak-anak yang belum sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan karena tidak memiliki pengetahuan tentang itu. Apalagi anak-anak kan imun tubuhnya masih belum bisa stabil,” katanya Jumat (20/11/2020).

Kampanye 3M kali ini, lanjut Alfiya, lebih difokuskan untuk mengajari anak-anak mencuci tangan dengan baik dan benar.

“Kampanye ini lebih kami fokuskan pada cara mencuci tangan yang baik dan benar, karena penyebaran virus paling rentan ada di telapak tangan,” ucapnya.

Melalui video yang telah dibuat oleh mahasiswa KKN RDR Walisongo Semarang sebelumnya, anak-anak terlebih dahulu diberi edukasi mengenai bahaya virus yang ada di telapak tangan. Hal ini dilakukan agar anak-anak tahu dan punya kesadaran sejak dini untuk gemar mencuci tangan. Baru setelah itu anak-anak diberikan contoh praktek cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Kegiatan tersebut tentunya disambut baik oleh masyarakat Desa Ruwit. Muayadah (45), warga RT 03, mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang.

“Kami dari pihak warga Desa Ruwit mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa KKN, anak-anak kami jadi gemar mencuci tangan karena tahu manfaatnya.” katanya. (sm/Mushonifin)

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak Hindari Kerumunan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here