Cabor Petanque Blora Terbentuk, Pengurus Diminta Kerja Cepat

Pembentukan Cabor Petanque, Rabu (18/11/2020) (foto:agung/sigijateng)

BLORA (SigiJateng) – Cabang Olahraga (Cabor) Petanque Kabupaten Blora resmi terbentuk, Rabu (18/11/2020). Cabor ini diharapkan bisa mendukung kekuatan Blora di ajang Pekan Olahraga Propinsi (Porprov) 2022 mendatang. 

Pembentukan Cabor Petanque dilakukan dalam Musyawarah Cabang (Muscab) Olahraga Petanque Kabupaten Blora tahun 2020 di Aula Kantor KONI Blora. 

Hadir dalam kegiatan itu ketua KONI Blora, Hery Setiyono, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporadbupar) yang diwakili Kasi Olahraga Sumarno beserta jajaran pengurus Petanque Blora.

Dalam sambutannya, Hery meminta para pengurus untuk bisa bekerja cepat. Pasalnya pembentukan Cabor ini tergolong telat.

“Olahraga (Petanque) ini kita terlambat. Saya berharap cepat bisa bekerja. Ini nanti langsung jalan saja di empat eks kawedanan mulai serentak saja,” kata Hery.

Hery berharap, Cabor ini bisa berprestasi khususnya di ajang Porprov 2022 mendatang. 

“Saya sangat berharap banyak semoga bisa jadi kekuatan di Porprov mendatang. Bikin lompatan sehingga olahraga ini bisa berkembang di Blora,” harapnya. 

Sementara itu, Kasi Olahraga Dinporadbupar, Sumarno mengungkapkan jika olahraga ini tidak dibutuhkan kecerdasan. Namun kecermatan dan kesabaran atlet. Pihaknya pun berjanji akan mencari terobosan untuk membantu memajukan olahraga ini, termasuk mencari donatur. 

“Tidak hanya dana dari KONI, saya akan cari terobosan bagaimana caranya agar ada donatur, saya akan berusaha supaya dari atlet terjamin, Pelatih terjamin dan pengurus juga terjamin. Semoga kerja sama yang baik itulah yang kita harapkan,” kata Sumarno, sekaligus ketua Petanque Blora terpilih.

Dalam Muscab kali ini, Terpilih sebagai ketua umum Petanque Blora, Sumarno sebagai ketua harian Hery Purnomo dengan wakil ketua Didik Yulianto

Petanque merupakan sebuah olahraga yang pertama kali berasal dari Perancis yang kemudian seiring berjalannya waktu olahraga tersebut semakin lama semakin dikenal dan bahkan menyebar di negara lain, sampai dengan di Indonesia itu yang kemudian didirikanlah sebuah organisasi yang bernama Federasi Olahraga Petanque Indonesia atau yang disingkat dengan FOPI.

Olahraga petanque merupakan permainan boules yang dilakukan dengan tujuan melempar bola besi dengan jarak sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut dengan choconet atau Boka. Selain itu, kaki dari pemain petanque juga harus berada di dalam lingkaran kecil.

Umumnya petanque dimainkan di tanah, namun bagi anda yang ingin merasakan atau menggunakan arena lain maka anda bisa memainkan petanque di pasir, rerumputan, maupun juga pada permukaan lainnya yang tentu saja akan memberikan kesan tersendiri karena anda memainkan petanque di tempat yang jarang digunakan.

Olahraga patenque juga memiliki teknik sendiri yang tentu saja harus dikuasai oleh setiap pemain jika mereka ingin menjadi pemain handal. Dan yang tidak kalah penting anda juga harus memahami apa saja peraturan olahraga patenque.(Agung)

Berita Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here