Bupati Demak Lakukan Isolasi Mandiri Paska Meninggalnya sang Putra

Bupati Demak HM Natsir, melakukan isolasi mandiri.

DEMAK (SigiJateng)  – Bupati Demak HM Natsir dan istrinya melakukan isolasi mandiri mulai Senin (29/6/2020). Hal ini dilakukan terkait dengan telah meninggalnya Aris Abdul Aziz, putra keduanya pada Sabtu (29/6/2020) yang diduga berstatus PDP Civod-19.

Bukan hanya Bupati yang melakukan isolasi mandiri, namun juga sang istri dan keempat anak almarhum serta seluruh staf rumah tangga bupati juga melakukan isolasi selama 14 hari.

Beda dengan bupati, para staf rumah tangga harus melakukan isolasi di RSUD Sunan Kalijaga Demak dan beberapa tempat lainnya di rumah dinas. 

Almarhum Aris Abdul Aziz bersama istri.(foto ist)

Sementara itu, sejak Rabu (1/7/2020), rumah dinas bupati yang menyatu dengan pendapa terlihat tertutup rapat. Sedangkan aula pendopo terlihat kosong tanpa ada kegiatan sama sekali sejak beberapa hari ini. Beberapa kegiatan kemudian dipindah ke Bina Praja dan aula wakil bupati. Sementara itu puluhan karangan bunga duka cita yang sebelumnya memenuhi pendopo sudah mulai dibersihkan. 

Yang berbeda lagi, sekarang adalah lebih ketatnya akses keluar masuk bagi para tamu yang memiliki keperluan di kantor Setda Demak. Jika sebelumnya semua pintu masuk dapat diakses dengan mudah, kini hanya ada satu akses pintu saja, itupun dijaga dengan ketat melalui cek suhu tubuh. 

BACA BERITA LAINNYA

Sementara itu dihubungi terpisah Wakil Bupati Joko Sutanto membenarkan adanya isolasi mandiri tersebut. Menurut wabup yang kini harus mewakili seluruh kegiatan bupati menjelaskan bahwa langkah ini dilakukan sesuai protokol kesehatan dan demi pemulihan kesehatan. 

“Sampai saat ini saya belum tahu hasil swab terhadap bupati dan keluarga serta staf, tetapi karena kondisi seperti itu bupati melakukan isolasi mandiri,” ujar Joko Sutanto.

Selama bupati menjalankan karantina, pelaksanaan pemerintahan dialihkan kepada dirinya sebagai wakil bupati, sebagaimana ketentuan undang-undang pemerintahan daerah.

Sementara itu, data terkini jumlah warga Demak yang terkena covid sebanyak 456 kasus, 75 orang sembuh, 78 orang meninggal dunia, 187 orang melakukan isolasi di rumah, 44 orang dirawat di Rumah Sakit di Demak, dan 72 orang lainnya masih menjalani perawatan di rumah sakit di luar Demak.

Asal tahu, putra bupati Demak HM Natsir yang meninggal adalah Aris Abdul Azis, dalam usian 43 tahun. Putra kedua bupati ini meninggal Sabtu (27/6/2020) di RSUP dr Kariadi Semarang.

Almarhum Aris yang dikenal supel dan familier ini sebelumnya dirawat RSUD Sunan Kalijaga Demak sebelum dirujuk di RSUP Dr Kariadi Semarang.

Kerabat korban, Subiyanto, Minggu( 28/6/20) mengatakan bahwa almarhum meninggalkan istri dan empat anak yang masih kecil. Almarhum dimakamkan di TPU Sentono Ratu Kauman Bintoro Demak pukul 15.00 WIB. (Rara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here