Bupati dan Ribuan Pegawai di Setda Grobogan Jalani Tes Rapid dan Swab Massal, Ada Apa?

Petugas sedang melakukan rapid tes

GROBOGAN (SigiJateng) – Bupati Grobogan Sri Sumarni dan ribuan aparatur sipil negara (ASN) dan non ASN di lingkungan sekertariat daerah (Setda) Kabupaten Grobogan jalani rapid tes dan tes swab secara massal, Rabu (15/7/2020).

Hal ini dilakukan untuk melihat kondisi mereka masing-masing apakah terpapar covid-19 apa tidak, setelah Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Grobogan Sumarsono dipastikan positif covid-19. Bahkan Sumarsono juga telah telah mengumumkan hasil tes swab positif Covid-19 sendiri lewat media sosial, Senin (13/7/2020).

Baca Berita Lainnya

Adapun tes masal dilakukan di tempat terpisah. Sebanyak 80 pejabat setingkat kepala bidang dan kepala dinas, termasuk bupati langsung menjalani tes swab di depan kantor wakil Bupati. Sedang, sekitar 2.000 ASN dan non ASN mengikuti tes rapid di pendopo kabupaten

“Tes, dibagi dua. Ada Rapid dan langsung swab. Yang swab mereka yang berhubungan atau bertemu langsung dengan sekda beberapa hari ini,” kata Bupati Sri Sumarni, ditemui usai swab.

Proses swab, dilakukan sejak pukul 09.30 hingga azan sholat dzuhur. Belasan petugas dari dinas kesehatan Pemkab Grobogan melakukan tes swab selain itu sejumlah ambulan dari rumah sakit umum daerah dr R Soedjati Soemodiardjo juga disediakan di lokasi.

Tidak hanya sekali, bahkan ada pejabat yang belum lama melakukan tes swab harus melakukan tes swab lagi lantaran selang sehari atau dua hari melakukan tes swab mereka harus menggelar rapat hingga mendampingi rapat virtual Sekda dengan kementrian.

“Saya Kamis pagi tes Swab. Jumat sore rapat dengan pak Sekda. Sabtu hasil swab saya keluar dan negatif. Jumat Pak Sekda swab dan hasilnya keluar pada Senin. Jadi hari ini saya ikut tes swab lagi,” kata Bupati.

Sementaram Sekda Kabupaten Grobogan Sekertaris Daerah saat dihubungi melalui telepon mengungkapkan jika kondisinya baik dan saat ini tengah menjalani isolasi mandiri dengan pantauan RSUD RSUD dr R Soedjati Soemodiardjo.

Sampai hari ini, jumlah kasus positif covid di Kabupaten Grobogan, mencapai 188 kasus yang tersebar di 16 kecamatan. Jumlah itu mengalami peningkatan enam orang dibanding hari sebelumnya. Sedang, di Provinsi Jateng jumlah positif Covid mencapai 6.346 pasien dengan jumlah dirawat mencapai 2.682 dan sembuh 3.121. (Aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here