Bertugas di Pilwakot 2020, KPU Solo Gelar Rapid Tes untuk KPPS

Tes cepat Covid-19 untuk petugas PPK, PPS dan KPPS, di RSUD Bung Karno, Solo, Kamis (19/11/2020).

SOLO (Sigi Jateng) – Pemilihan umum Kota Solo, menggelar tes cepat Covid-19 untuk petugas PPK, PPS dan KPPS. Mereka menjalani rapid tes, karena nantinya akan bertugas dalam Pilwakot 9 Desember mendatang.

PPK Kecamatan Pasar Kliwon, Subandono, mengatakan, tes cepat Covid-19 ini digelar di dua rumah sakit, milik pemerintah Kota Solo. Salah satunya di RSUD Bung Karno, yang diperuntukan bagi PPK, PPS, dan KPPS wilayah Kecamatan Serengan dan Pasar Kliwon. Sementara untuk wilayah Kecamatan Banjarsari, Laweyan, dan Jebres,Laweyan, dan Jebres, digelar di RSUD Ngipang.

“Hari ini sepuluh PPS, Sepuluh kelurahan ya, khusus kelurahan joyosuran dan semanggi. Untuk rapid tes ini ada tiga hari, mulai tanggal 19/20/dan 21,” terang Subandono, Kamis (19/11/2020).

Metode tes cepat menggunakan sistem serum, yang lebih akurat dibandingkan tes cepat ujung jari. Tes ini dilakukan, untuk memastikan keamanan dari petugas sendiri. Selain itu agar warga juga nyaman, ketika mengetahui KPU sangat berhati-hati dalam gelaran Pilwakot.

Apabila ada yang reaktif, maka akan diminta untuk beristirahat. Namun tidak ada penggantian, kepada petugas yang bersangkutan. Di Solo sendiri, terdapat lebih dari delapan ribu enam ratus orang petugas KPPS.

” Kalau ada yang reaktif, kita minta istirahat dulu, dan tidak ada penggantian KPPS,” ujarnya.

Selain itu petugas PPK, PPS, dan KPPS, juga diminta untuk menjaga kesehatan masing-masing. Tes cepat juga dilakukan, pada petugas keamanan TPS yang diambil dari Linmas dan warga. Diharapkan Pilwakot 2020, dapat berlangsung lancar, tanpa ada klaster baru penularan Covid-19. (Raditya Hermansyah)

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak Hindari Kerumunan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here