Bersama Petugas Gabungan Covid-19 Bonang, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Ikut Razia Masker

Suasana Razia Masker Polsek Bonang dan mahasiswa KKN UIN Walisongo (Foto : Dok Pribadi)

DEMAK (SigiJateng) – Sebagai upaya menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 bersama petugas gabungan yang terdiri dari koramil, TNI, LINMAS, Puskesmas dan mahasiswa KKN Reguler dari Rumah angkatan 75 tahun 2020 UIN Walisongo Semarang melakukan razia masker di jalan raya Moro-Demak depan Polsek Bonang, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, Selasa (20/10).

“Tujuan diadakannya kegiatan Razia masker untuk menertibkan masyarakat supaya patuh pada protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran covid-19 terkhusus di wilayah Kecamatan Bonang” kata AKP Polsek Bonang, sucipto dalam keterangannya.

Sucipto juga menuturkan kegiatan razia masker ini sudah dilaksanakan sejak bulan Maret 2020, dan sampai bulan Oktober orang yang terjaring razia masker semakin sedikit. Kemajuan diadakannya kegiatan ini masyarakat semakin paham dan tahu apa manfaat masker.

“Karena operasi masker ini sangat membantu untuk menyadarkan masyarakat memakai masker, karena sosialisasi dengan pertemuan masih kurang dan sebagian warga belum sadar sehingga lebih mengena dengan kegiatan razia masker,” kata Untung, Ketua Petugas Covid-19 kecamatan Bonang.

Dia menambahkan kegiatan razia masker ini juga untuk mengedukasi kepada masyarakat cara penggunaan masker yang baik dan benar, serta manfaat masker untuk kesehatan.

“Masyarakat yang tidak memakai masker, kami berikan masker gratis. Selain itu juga kami berikan arahan terlebih dahulu sesuai dengan Perbuk 68 muncul sanksi, sanksi berupa sanksi sosial untuk memberikan efek jera kepada pelanggar,” lanjut untung.

“Untuk menertibkan masyarakat akan pemakaian masker, kegiatan razia masker dilakukan sebanyak 2 kali setiap minggunya, yaitu hari Selasa dan Jum’at,” imbuhannya

“Adanya kegiatan ini bisa menurunkan penularan covid di masyarakat. Seperti pada bulan Juni laporan setiap hari ada 18-20 orang yang positif covid, akan tetapi dengan adanya kegiatan ini dapat menurunkan kasus covid, dan sampai sekarang hanya 2 orang yang positif setiap harinya,” kata kepala Puskesmas Bonang 1, dr Nurhayati.

Baca Berita Lainnya

“Selain kegiatan razia masker, kami mahasiswa KKN turut serta membagikan brosur tentang adapatasi kebiasaan baru masyarakat, supaya penularan covid-19 semakin menurun dan masyarakat sadar akan kesehatannya. Mengingat, kesadaran masyarakat akan hidup sehat masih rendah, sehingga sinergitas saling mengingatkan menjadi pondasi utama dalam era new normal,” kata Hannatun Nusroh, mahasiswa KKN. (hn/vian).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini