Berikut 5 Cara Agar Sholat Wajib Anda Tidak Bolong-bolong

Ilustrasi: Umat Islam saat sholat berjamaah di Masjid Agung Jawa Tengah.

SIGIJATENG – Sholat sebagai salah satu dari lima rukun Islam. Sholat adalah sebagai tiang agama dan ibadah terpenting bagi umat Islam. Tak hanya itu, sebagai tiang agama, sholat juga menunjukkan tingkat keimanan dan ketaatan manusia kepada Allah SWT.

Diriwayatkan dari Syaqiq bin Abdullah seorang tabiin yang disepakati kemuliaannya, ia berkata, ‘’Para sahabat Muhammad shallallahu alaihi wa sallam tidak memandang kufur karena meninggalkan amal, kecuali sholat”. (HR. Tirmidzi dalam kitab Al-Iman dengan sanad yang shahih) [HR. Tirmidzi, no. 2622).

Sebagai bentuk ibadah, sholat bukan hal yang bisa diremehkan atau mungkin bahkan dikurang-kurangi. Sehari semalam, umat Islam diwajibkan sholat sebannyak lima kali, yakni Subuh, Dzuhur, Asyar, Magrib dan Isya’.  Masing-masing jumlah rekaatnya ada yang sama dan tidak. Namun bacaanya sama, hanya niat saja yang membedakannya.

Ibadah sholat menjadi ciri seseorang muslim itu taat atau tidak kepada Allah. Karena itu jangan sampai bolong-bolong. Kerjakan sholat tepat waktu dan pada waktunya.

Berikut lima tips agar kita bisa melaksanakan sholat tepat waktu dan tidak bolong-bolong.

Pertama, terus berusaha mengerti apa arti dalam pelafalan doa atau surat ketika sholat. Jika mengetahui arti dari yang diucapkan dalam sholat, maka akan memudahkan seseorang untuk bisa khusuk saat sholat. Dengan demikian, mempelajari arti dari surat atau doa yang diucapkan dalam sholat lima waktu, adalah hal yang perlu.

Kedua, selalu merencanakan atau meniatkan untuk bisa sholat saat waktu sholat datang. Dalam perencanaan ini, penting untuk menyisihkan waktu demi menjalankan rutinitas sholat lima waktu sehari-hari.

Ketiga, mempersiapkan apa saja yang diperlukan saat hendak sholat. Jika memang bepergian, atau pergi kerja, bawalah sajadah, mukena bagi perempuan. Bagi pria mungkin juga bisa membawa sarung atau pakaian sholat lain yang diperlukan dan dalam keadan bersih dan suci. Karena sering kali saat bepergian tidak menjalankan sholat karena pakaiannya tidak suci.

Keempat,  tidak salahnya juga mengatur alarm atau penanda sholat di gawai yang selalu dibawa-bawa. Saat ini, telah tersedia juga banyak aplikasi di gawai yang berguna untuk memberi notifikasi adzan atau waktu sholat. Jika sudah mendengar adzan, baik dari gawai atau masjid, segera tinggalkan semua kegiatan dan segera menuju masjid atau musholat terdekat.

Kelima, yang perlu diingat dan dilakukan agar sholat lima waktu terlaksana adalah melakukan doa secara terus menerus. Tujuannya, untuk meminta pada sang pencipta, agar bisa melakukan rutinitas ibadah harian umat Muslim itu dengan lebih baik. (Aris)

Berita Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here