Awalnya Hanya Tempat Istirahat, Kini Gubug Serut Jadi Objek Wisata Menarik

Objek Wisata Gubug Serut di Bantaran Sungai Kaligarang Desa Persen, Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang. (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Berkat unggahan media sosial tentang Gubug Serut, sekarang tempat wisata di Kampunn Persen, Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang ramai diperbincangkan netizen.

Gubug Serut adalah sebuah objek wisata alam yang menawarkan spot berenang, body rafting atau sekedar berendam di segarnya air Kaligarang.

Menurut pengelola kawasan wisata tersebut, nama Gubug Serut diambil dari kata Gubug dan Serut. Gubug tempat istirahat, sedangkan serut adalah jenis tanaman bonsai di kawasan setempat.

Yudi Prasetyo selaku pengelola mengatakan, objek wisata Gubug Serut awal mulanya diprakarsai oleh sembilan orang anggota komunitas pencari ikan. Mula-mula mereka membangun gubug-gubug kecil di sekitar sungai Kaligarang.

“Gubug-gubug itu sedianya sebagai tempat untuk istirahat setelah lelah mencari ikan,” ujarnya pada Selasa (6/10/2020).

Gagasan tersebut akhirnya mengerucut menjadi sebuah keputusan. Komunitas pun bergotong royong membangun gubug-gubug untuk menggenapi yang sudah ada.

Kini, antusiasme pengunjung mulai tampak. Setiap harinya jumlah pengunjung bisa mencapai ratusan orang. Hanya dengan uang 2.000 untuk parkir, dan tempat masuk free alias gratis. Jika pengunjung ingin berenang bisa sewa ban sebesar Rp 5.000.

Selain wisata alam, sektor kuliner juga turut dikembangkan. Kuliner khas Semarang, misalnya, gendar pecel juga tersedia dengan hanya Rp 5.000, sudah dapat sepiring penuh. Aneka macam minuman, dari mulai es degan hingga jamu kunir asem, dan lain sebagainya

Yudi mengatakan, rencana ke depannya, jumlah gubug tradisional akan diperbanyak. Selain itu juga akan dibangun fasilitas umum seperti mushola dan toilet.

“Sistem pengelolaan wisata alam ini murni dari warga setempat. Sama sekali belum ada campur tangan dari pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu wisatawan, Anjarani (20) mengaku senang dengan adanya destinasi baru ini. Menurutnya, Gubug Serut merupakan tempat yang pas untuk refreshing.

Baca Berita Lainnya

“Di sini pas buat mau refreshing, sejuk dan asri tempatnya. Selain itu beberapa spot foto instagramable, sehingga bagus buat foto,” pungkasnya. (Mushonifin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here