Alami Kecemasan Karena Pandemi, Mahasiswa UIN Walisongo Lakukan Sosialisasi 3M dan Mental Health Consulting

Seorang mahasiswa berfoto bersama warga. ( foto Tim KKN)

SEMARANG (SigiJateng) – Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah (RDR) UIN Walisongo Semarang berinisiatif melaksanakan sosialisasi pentingnya menjaga kesehatan mental di Desa Harjosari Kidul kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal yang juga tidak boleh dilupakan di tengah pandemi seperti saat ini.

Mahasiswa turun langsung mendatangi satu persatu rumah ketua RT dan ketua RW yang bertujuan sebagai penyambung lidah kepada para warganya. Kegiatan ini dilangsungkan dalam dua hari yaitu pada tanggal 13 dan 14 Oktober 2020. Dimana sosialisasi disampaikan dengan media infografis yang telah disiapkan oleh mahasiswa

Sosialisasi ini dilaksanakan atas dasar arahan dari Sunita selaku Kepala Desa Harjosari Kidul, yang saat ini lebih mengkhawatirkan kecemasan yang menyerang warganya pada wabah covid-19.

“Dari kami ingin warga dapat lebih menguatkan mental dalam menghadapi pandemi. Selain tetap menjaga kesehatan fisik, diusahakan agar warga tidak selalu dihantui oleh pandemi wabah Covid-19,” ungkap Sunita.

Kegiatan ini disambut baik dan didukung penuh oleh seluruh ketua RT dan ketua RW. Harapan mahasiswa dari kegiatan sosialisasi ini dapat menyampaikan amanah dari Ibu Lurah setempat dan sebisa mungkin ketua RT dan ketua RW dapat menyalurkan informasi yang telah disosialisasikan tersebut langsung kepada warga sekitar agar bermanfaat.

Menurut Bambang salah satu Warga Desa Harjosari Kidul menyampaikan, kondisi warga di sekitar lingkungannya yang mengalami kecamuk kecemasan akibat pandemi.

“Kemarin saat digemparkan kembali mengenai maraknya virus corona yang belum reda, saya sempat drop karena memikirkan hal itu. Fikiran pasti berkecamuk dan kecemasan warga pasti bertambah,” ungkap Bambang.

Sehingga menurutnya sosialisasi kesehatan mental ini sangat bagus untuk mengajak masyarakat agar selalu membentuk fikiran yang positif demi meningkatkan imunitas tubuh.

Disamping hal itu, protokol kesehatan tetap harus dijaga sesuai himbauan pihak desa dan pemerintah pusat. Sehingga sosialisasi dilakukan sekaligus dengan pembagian masker dan hand sanitizer di setiap rumah yang didatangi. (Aris Syaefudin)

Baca Berita Lainnya

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak Hindari Kerumunan).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini