Akhir Desember, Dua Desa di Blora Akan Dijadikan Uji Coba Paket Desa Wisata

Pelatihan dan Pendampingan desa wisata di Balai Desa Bangowan, Selasa (10/11/2020) (foto:agung/sigijateng)

BLORA (SigiJateng) – Pemerintah Kabupaten Blora berencana diakhir tahun 2020 akan melakukan uji paket desa wisata, pada saat pandemi Covid-19. Sebagai pilot project yakni Desa Bangsri Kecamatan Jepon dan Bangowan Kecamatan Jiken.

Target tersebut disampaikan oleh Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora,  Slamet Pamudji melalui Kabid Pariwisata Dinporabudpar Kabupaten Blora Wahyu Tri Mulyani, AP, MA saat menghadiri pelatihan dan pendampingan desa wisata di Balai Desa Bangowan, Selasa (10/11/2020).

“Akhir Desember nanti usai pelatihan dan pendampingan para peserta akan kita test, sekaligus ujicoba paket desa wisata pada akhir bulan desember besok,” jelasnya

Wahyu juga menjelaskan,  nantinya akan dilakukan tes sekaligus ujicoba dua desa wisata ini tak hanya tentang kesiapan paket yang ditawarkan, namun kesiapan individu pelayanan juga diterapkan seperti cara melayani pengunjung wisata, kecakapan pemandu wisata, kesiapan kuliner dan lain sebagainya.

Dikesempatan yang sama, Yitno dari Desa Wisata Institut membeberkan terkait kesiapan ujicoba tersebut optimis sukses. 

Yang menjadi indikator bahwa para peserta bisa menangkap adalah susunan paket yang mereka buat sudah runtut.

“Ternyata dalam waktu singkat ini teman-teman pengelola bisa menangkap materi yang kita sampaikan, mereka mampu menemukan atau mengidentifikasi potensi yang ada didesa masing-masing. Susunan paket yang mereka buat juga sudah runtut,” ungkapnya.

Untuk pertemuan berikutnya lanjut Yitno, para peserta akan dibekali cara bermarketing media cetak maupun online

“Pertemuan berikutnya kita ajari peserta untuk membuat pamfel dan digital marketing,” jelasnya.

Diberitahukan sebelumnya bahwa Pelatihan dan Pendampingan Desa Wisata akan dilaksanakan selama 2 bulan di bulan November sampai dengan Desember 2020. Kemudian pada akhir pendampingan akan dilakukan ujicoba desa wisata, untuk memaksimalkan pengembangan desa wisata.(Agung)

Berita Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here