Air Bengawan Solo Diduga Kembali Tercemar

Kondisi air Bengawan Solo, Rabu (01/06/2020) (foto:agung/sigijateng)

BLORA (SigiJateng)  –  Air Sungai Bengawan Solo kembali berwarna hitam kecoklatan seperti pada pertengahan hingga penghujung tahun 2019 lalu. Diduga air bengawan tersebut pengalamai pencemaran.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Blora, saat dihubungi  mengaku sudah mengetahui hal itu. Namun, belum mendatangi Bengawan Solo. 
Dia tidak memungkiri, jika terjadi pencemaran.

“Debit air berkurang, sedangkan  volume limbah yang masuk di Bengawan Solo tetap sama. Dan membuat air saat ini menjadi agak keruh,” tandasnya,  Rabu (01/06/2020).

Dipastikan, pencemaran yang selama ini terjadi bukan berasal dari Kabupaten Blora. Tetapi berasal dari wilayah hulu. “Seperti dari pabrik ciu dan yang lainnya,” ujar Dewi.

Dirinya juga mengaku sudah koordinasi dengan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Blora. Sebab, air baku yang didistribusikan kepada pelanggan, berasal dari bengawan solo. “Katanya air masih bisa diolah,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur PDAM Blora, Yan Ria Pramono, mengaku sudah mempersiapkan bahan kimia baru untuk menghapi hal itu. “Mudah-mudahan kita bisa atasi,” tandasnya.  

Dirinya mengetahui adanya polutan yang mencemari air Bengawab Solo, sudah sejak 3 hari yang lalu.
“Hari Sabtu malam (27/6/2020) sampai Senin (29/6/2020) sudah turun polutan. Untuk hari ini, air baku Bengawan Solo masih bagus.  Polutan di Kracaan kemungkinan nyampai di instalasi pengolahan PDAM nanti malam,” ujarnya.

Menurut warga Desa Ngloram, Suratmin (65), menyampaikan, bahwa kondisi air yang berangsur berwarna pekat, sering terjadi. Terlebih saat air surut memasuki musim kemarau. Dia mengaku, baru kemarin mengetahui kondisi air tersebut.

“Kalau seperti ini, sering terjadi, Mas,” katanya usai mandi di Bengawan Solo bersama cucunya.

Ditanya apakah airnya gatal saat digunakan mandi?, dia mengaku tidak merasa gatal. “Tidak gatal, karena memang sudah biasa,” ujarnya. (Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here