429.231 Surat Suara Dua Paslon Pilwakot Tiba di KPU Solo

Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti

SOLO (Sigi Jateng) – Sebanyak 429.231 lembar surat suara dua paslon di Pilwakot telah tiba di kantor KPU Solo, Sabtu (21/11/2020). Kedua paslon tersebut adalah Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo.

“ Surat suara Pilwakot Solo telah tiba di KPU. Dengan ini logistik di TPS (Tempat Pemungutan Suara) sudah lengkap,” terang Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti.

Nurul mengatakan pengiriman surat suara dikawal langsung oleh komisioner KPU di lokasi percetakan di PT Pura Barutama, Kudus, Jateng. Hal itu dilakukan untuk memastikan surat suara dalam kondisi baik dan tiba di KPU tepat waktu.

“ Kami kawal dari lokasi percetakan Kudus untuk pastikan surat suara sampai ke KPU,” ujarnya.

Nurul menjelaskan kertas suara ini jumlahnya sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5 persen cadangan. Untuk DPT Pilwakot Solo yang disahkan KPU sebanyak 418.283 orang.

“Jumlah DPT Pilwakot ada 418.283 orang ditambah 2,5 persen sehingga total kertas suara 429.231,” ucap Nurul.

Kertas suara ini, sudah termasuk cadangan ketika ada pemungutan ulang di TPS. Pengiriman kertas suara dikemas dalam 215 boks dan per boks berisikan 2.000 lebar suara.

“Proses pelipatan rencananya kami lakukan pada tanggal 25 November,” jelasnya.

Baca Berita Lainnya

Terkait jumlah tenaga pelipatan belum ditentukan karena KPU perlu menghitung ketersediaan anggaran dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pelipatan 429.231 lembar surat suara. (Raditya Hermansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here