Yuk Minum Air Rendaman Biji Ketumbar, Temukan 6 Manfaat Kesehatan Tak Terduga Ini!

Biji ketumbar yang bermafaat untuk kesehatan manusia

SIGIJATENG.ID – Sahabat Sigijateng tentu tidak asing dengan biji ketumbar? Biji ketumbar kerap digunakan sebagai bumbu masakan untuk menambah cita rasa. Baik itu dalam masakan berkuah, atau sebagai bumbu celupan tempe.

Selain untuk memasak, biji ketumbar ternyata memiliki manfaat kesehatan seperti mencegah dan mengobati diabetes, osteoporosis, menyembuhkan gangguan pencernaan.

Bahkan tidak hanya itu, biji ketumbar juga dapat mengatasi masalah mata, mencegah radang sendi dan rematik, membantu mencegah sakit perut, menyembuhkan masalah kulit, mencegah dan menyembuhkan anemia, mengobati cacar.

Dilansir nakita.grid.id, sahabat Sigijateng juga bisa merasakan manfaat kesehatan dari biji ketumbar yang direndam dalam air, berikut penjelasannya!

1. Mencegah dan mengobati Diabetes

Biji ketumbar terkenal untuk menjaga kadar glukosa darah. Hal ini karena biji ketumbar memiliki efek yang merangsang kelenjar endokrin.

Ini berfungsi untuk meningkatkan tingkat insulin dalam darah dengan meningkatkan sekresi insulin di pankreas. Proses ini membantu penyerapan yang tepat dan asimilasi gula, menurunkan tingkat gula darah.

Biji ketumbar juga terbukti mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga ideal untuk pencegahan dan pengobatan kesehatan jantung juga.

Rendam biji ketumbar dalam air sepanjang malam dan minum untuk melihat manfaat tak terduga bagi kesehatan jantung dan tingkat gula darah yang sehat.

2. Mencegah dan mengobati osteoporosis

Biji ketumbar punya antioksidan seperti vitamin A, riboflavin, niacin, asam folat, vitamin C, vitamin K, kalsium dan karoten. Zat-zat ini sangat bermanfaat dalam mencegah osteoporosis dan kesehatan persendian.

Cukup seduh 3 gram biji ketumbar dalam 150 ml air, konsumsi setiap hari untuk merasakan hasil yang luar biasa.

3. Mengatasi permasalahan Mata

Studi menemukan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi dalam biji ketumbar bisa sangat berguna dalam mengobati mata merah dan masalah mata lainnya. Ini juga membantu dalam pencegahan infeksi mata.

Rebus air dengan biji ketumbar, dinginkan sampai suhu kamar. Gunakan untuk mencuci mata sesering mungkin agar mendapatkan manfaat bagi kesehatan mata.

4. Mencegah arthritis dan rematik

Biji ketumbar punya senyawa seperti asam linoleat dan cineole yang terkenal karena sifat antiarititik dan antirematiknya.

Rendam biji ketumbar dalam air, dan dapat mengobati radang sendi dan pembengkakan yang disebabkan oleh rematik dan radang sendi.

5. Membantu mencegah sakit perut saat menstruasi

Sakit perut yang disebabkan menstruasi dapat diobati dengan biji ketumbar. Konsumsi air biji ketumbar yang dicampur dengan gula dapat membantu meringankan kram perut dan nyeri yang dialami selama menstruasi.

6. Minimalkan kadar kolestrol jahat

Biji ketumbar dapat membantu penurunan kolesterol jahat tanpa memengaruhi kadar kolesterol baik, sehingga mencegah penyakit jantung.

Kandungan nutrisi dalam biji ketumbar seperti asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, asam askorbat (vitamin C) dan asam stearat sangat efektif mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.

Tingkatkan kesehatan jantung dengan mengkonsumsi air biji ketumbar setidaknya 2-3 kali sehari.

Sahabat Sigijateng, itu dia manfaat kesehatan campuran air dan biji ketumbar. Selamat mencoba!  (Wahyu/Aris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini