Yudi Indras; Kesadaran dan Pemahaman Masyarakat Tarhadap Pemilu 2019 Tinggi

Narasumber dalam Prime Topik di Unnisula Semarang, Kamis (11/4/2019)

SIGIJATENG.ID, Semarang –  Wilayah Solo raya, menjadi salah satu dari beberapa daerah yang mendapat perhatian dari Pemprov Jateng dalam gelaran Pemilu 2019 ini. Mengingat, tingginya potensi rawan konflik di daerah tersebut.

“Ada beberapa daerah selain Solo raya, seperti Temanggung, Pekalongan, Pati, Banyumas yang dapat perhatian penuh dalam pemilu nanti,” ujar Ibnu Kuncoro, Kabid Politik Dalam Negeri, Kesbangpol Jateng, usai Prime Topik di Kampus Unissula Jala Raya Kaligawe Semarang, Kamis (11/4/2019).

Ibnu menambahkan, hal ini hasil merupakan hasil pemetaan yang dilakukan sebelumnya. Namun demikian pihaknya berharap Jawa Tengah tetap kondusif saat dan setelah Pemilu 17 April nanti.

“Jawa Tengah itu punya toleransi tinggi. Jadi ayo kita mengajak seluruh masyarajat Jateng sama sama kawal pemilu ini menjadi pemilu yang sejuk, damai,” imbuhnya.

Dirinya mengingatkan agar masyarakat tidak mudah terpancing isu isu yang belum benar keberadaannya dari dunia maya yang mempunyai potensi memecah belah. “Jangan sampai apa-apa, isu isu, di dunia maya yang belum benar itu masuk ke dunia nyata ini. Kita harus bisa menahan diri agar tidak terpancing,” ucapnya.

Sementara itu, pembicara lainnya, Ketua Bapemperda DPRD Jateng Yudi Indras Weindarto, mengatakan kesadaran masyarakat dalam pemilu 2019 saat ini cukup tinggi. Hal tersebut dilihatnya dari banyaknya relawan-relawan yang saat ini ada.

“Bahkan juga ada masyarakat yang merelakan libur bekerja untuk datang di saat kampanye dengan biaya sendiri. Ini membuktikan kesadaran dan pemahaman berpolitik masyarakat tinggi,” kata Caleg DPRD Jateng Dapil 1 ini.

Anggota Komisi E DPRD Jateng dari Fraksi Partai Gerindra ini berpesan agar seluruh masyarakat bisa mengawal pemilu besok hingga akhir. “Dengan begitu Pemerintah juga harus mengibangi kesadaran masyarakat itu dengan kebijakan-kebijakan yang memang juga nanti menyejukkan. Sehingga jika itu terjadi nanti pemilu akan damai dan nilai demokrasi kita akan naik,” tukasnya. (dian)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini