Yaqut Cholil Buka Bintek Kemenparin Bagi WUB IKM di Pekalongan

Anggota Komisi VI DPR RI, H Yaqut Cholil Qoumas membuka Bintek dorong pertumbuhan dan pengembangan bagi para wirausahawan baru industri kecil menengah (WUB IKM) khususnya di Kota Pekalongan, Senin (4/03/2019)

SIGIJATENG.ID, Pekalongan – Dorong pertumbuhan dan pengembangan bagi para wirausahawan baru industri kecil menengah (WUB IKM) khususnya di Kota Pekalongan, Dirjen Industri Kecil dan Menengah dan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia menggelar Bintek Produksi.

Bimbingan teknis dihelat selama 5 (lima) hari mulai tanggal 4 – 8 Maret 2019 di salah satu hotel di Kota Pekalongan dengan peserta 20 orang wirausahawan baru di wilayah Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang.

Kegiatan penumbuhan dan pengembangan WUB IKM itu salah satunya untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM). Sehingga dapat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja di daerahnya masing- masing.

Menurut Anggota Komisi VI DPR RI,  H Yaqut Cholil Qoumas saat membuka Bintek, Kementerian Perindustrian terus memberikan perhatian khusus pada pengembangan IKM secara nasional, terutama dalam upaya peningkatan daya saing, jumlah populasi, dan penyerapan tenaga kerja.

“Semoga tercipta WUB dengan strategi pembinaan yang berkesinambungan dan tepat sasaran. Hal ini bertujuan untuk terus meningkatkan angka keberhasilan penumbuhan wirausaha di berbagai wilayah Indonesia,” tuturnya.

Yaqut mengaku ingin mendorong semua potensi di Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Batang termasuk nantinya di Pemalang agar pemuda-pemudanya semakin mandiri. “Saya memiliki keyakinan bahwa kemandirian menjadi kunci mengatasi masalah dan menjadi jaminan hidup bagi siapapun,” tegasnya.

Sementara itu, Kasubdit Barang, Kayu, dan Furniture Kementerian Peridustrian, Tri Harsono SSos MM memaparkan bentuk fasilitasi yang diberikan untuk mendorong penumbuhan dan pengembangan WUB IKM meliputi peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM).

Beberapa kegiatan mendorong penumbuhan dan pengembangan WUB IKM tersebut melalui sembilan (9) kegiatan yang terdiri atas 8 Bimbingan Teknis Produksi dan 1 Fasilitasi mesin peralatan.

“Diantaranya, bimtek produksi akan tersebar di Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Batang seperti untuk IKM perbengkelan roda dua, IKM kopi, IKM konveksi, dan IKM lainnya,” paparnya. (Dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here