Wujudkan Pilkades Tanpa Politik Uang, Kapolres Batang Lakukan Sosialisasi 

Kapolres Batang AKBP Edi S. Sinulingga SIK Memimpin Silaturahmi Kamtibmas Forkopimda Kabupaten Batang Bersama Muspika, Toga, BPD dan Balon Kades Beserta Panitia Pilkades Se-Kecamatan Bawang dalam rangka Pilkades yang Beradab dan Bermartabat yang digelar di Aula Kecamatan Bawang, Sabtu (14/9/2019).

SIGIJATENG.ID, Batang – Wujudkan Pilkades serentak 2019 tanpa politik uang, Kapolres AKBP Edi Suranta Sinulingga SIK bersama jajaran Forkopimda Batang gencar turun wilayah. Mereka gelorakan pelaksanaan pemilihan kepala desa yang akan dihelat pada 29 September 2019 mendatang. Pilkades agar bisa berjalan dengan beradab dan bermartabat demi kemajuan Kabupaten Batang.

Kapolres Batang. AKBP Edi Suranta Sinulingga, SIK menyampaikan bagaimana pelaksanaan Pilkades tanpa money politik, tentunya harus ada handarbeni antara toga, tomas untuk mendukung proses Pilkades yang jujur, adil dan bermartabat.

“Hal itu selalu kita gelorakan terus, sebagai bentuk rasa memiliki bersama. Seperti kegiatan hari ini, kita turun ke masyarakat memberikan pemahaman tentang Pilkades tanpa money politik. Besar harapan agar Kabupaten Batang menjadi maju, sejahtera dan hebat,” jelasnya, usai acara Silaturahmi Kamtibmas Forkopimda Kabupaten Batang Bersama Muspika, Toga, BPD dan Balon Kades Beserta Panitia Pilkades Se-Kecamatan Bawang dalam rangka Pilkades yang Beradab dan Bermartabat di Aula Kecamatan Bawang, Sabtu (14/9/2019).

Dirinya berharap, jangan sampai gara-gara Pilkades hubungan tali silaturahmi menjadi putus. Balon kades jika mau maju menjadi Kades harus dengan cara yang baik, sesuai dengan aturan menghimbau, menyampaikan program-program, pendekatan.

“Selain itu, jangan memakai cara kekerasan. Gunakanlah cara yang beradab dan bermartabat. Sehingga, jika nantinya menang maka akan terhormat. Terlebih yang kalah juga terhormat, segala sesuatu tinggal niatan baik kita. Saya berharap kepada balon silahkan menyambung silaturahim,” pinta Kapolres.

Sementara itu, Wakil Bupati Batang H. Suyono mengatakan jaman ini sudah berubah, sebisa mungkin agar pelaksanaan Pilkades ini dilakukan dengan cara beradab dan bermartabat. Selain itu, buat suasana Pilakdes yang menyenangkan. Harapannya kondusif, tertib, aman, jujur dan adil.

“Mari kita saling handarbeni, mulai dari titik nol pilkades kita laksanakan secara beradab dan bermartabat. Saya meyakini semua bakal calon yang akan maju semuanya berikhtiar ingin menjadi Kepala Desa. Jadi kepala desa itu memang lebih kompleks. Kepala desa juga bukan pejabat politik tapi prosesnya dengan cara politik,” tandasnya.

Kadispermasdes Kabupaten Batang, Agung Wisnu Bharata S.Sos. M.M., menambahkan bahwa pelaksanaan Pilkades tanpa politik uang akan mengajak masyarakat untuk bisa hidup guyup rukun. Serta menghindari gejolak maupun perselisihan ditengah-tengah kehidupan masyarakat antar sesama pendukung balon kades.

“Hingga saat ini dari sebanyak 206 desa yang tersebar di 15 wilayah kecamatan, baru ada sekitar 17 desa siap melaksanakan Pilkades 2019 tanpa money politik. Yang jelas jangan sampai gara-gara hal itu bisa menyebabkan perpecahan dan ujungnya nanti akan berhadapan dengan hukum,” imbuhnya.  (Dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here