Wingko Pohong Bikinan PKBM Bina Warga Kendal Mampu Tarik Perhatian Kemenaker

Berkat olahan hasil makanan berupa wingko pohong (Wingpoh), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Warga Kendal ini mendapat perhatian khusus dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker).

SIGIJATENG.ID, Kendal – Tak diduga, meski hanya berupa olahan hasil makanan wingko pohong (Wingpoh) yang dibuat Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Warga Kendal ini dilirik dan mendapat perhatian khusus dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). 

Melalui olahan pohong itu menghantarkan lembaga pendidikan yang bergerak untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap mental berwirausaha itu terpilih menjadi peserta pelaksana uji coba perluasan kesempatan kerja dari Kemenaker RI.

Ketua PKBM Bina Warga Maftukhin, mengatakan sebagai yang terpilih dari Kemenaker, perwakilan dari PKBM Bina Warga akan melakukan publikasi di Balai Besar Lembang. Namun saat ini pihaknya tengah melakukan uji coba lima siswanya untuk membuat  wingpoh. 

“Wingpoh hasil uji coba itu nantinya akan di bawa ke Balai Besar Lembang untuk dipublikasikan. Setelah lebaran kita akan kembangkan lagi setelah dari Lembang,” katanya, Selasa (6/5).

Dijelaskan, produk Wingpoh yang telah mendapatkan perhatian khusus sebagai perluasan di bidang wirausaha dari Kemenaker itu nantinya juga akan membantu mempopulerkan produk  Wingpoh melalui Website Kemenaker sebagai produk olahan. 

“Kemenaker juga akan mengajarkan bagaimana dalam melakukan proses pemasarannya melalui penjualan sistem online,” terangnya.

Maftukhin mengungkapkan, selama ini peserta yang mengikuti pelatihan di PKBM Bina Warga rata-rata yakni masyarakat usia produktif yang tidak memiliki pekerjaan dan ibu rumah tangga. “Tak hanya membuat wingko, mereka juga kami ajarkan bagaimana cara membuat kue. Bahkan anak didik juga ada yang dilatih cara meracik kopi ala barista,” bebernya. (Dye) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here