Usung Konsep Halal, Inilah Keunikan dan Fasilitas Hotel Pessona Semarang

Hotel Pessona Semarang tampak megah dari depan. (Foto Phinemo.com)

SIGIJATENG.ID, Semarang – Hotel berlabel syariah mulai bermunculan di tanah air. Ini terjadi setelah MUI mengeluarkan standarisasi kehalalan untuk pariwisata. Konsep ini sebetulnya tak hanya menyasar untuk yang muslim, karena konsep halal pada dasarnya menyingkirkan segala sesuatu yang memang tak baik untuk manusia maupun untuk lingkungan. Itulah kenapa konsep halal juga ditujukan untuk yang non muslim.

Hotel berkonsep halal yang ada di Semarang salah satunya adalah Hotel Pessona. Hotel ini berada di tengah kota, persisnya di Jalan Depok, No. 33, Kembangsari, Semarang Tengah

Kota Semarang, Jawa Tengah.

Area santai di kolam renang. Foto oleh Hotel Pesonna

Hotel Pesonna adalah hotel bintang tiga yang dikelola oleh PT. Pegadaian (Persero) di bawah anak perusahaan PT. Pesonna Indonesia Jaya. Di Indonesia setidaknya sudah ada sembilan properti Hotel Pesonna, salah satunya yang ada di Semarang.

“Pesonna” memiliki makna, yaitu Pegadaian Selalu Optimalkan Nilai-Nilai Aset. Itulah kenapa nama Hotel Pesonna memiliki huruf “N” dobel.

Mengusung konsep halal dan lifestyle, hotel Pesonna tumbuh menjadi salah satu hotel favorit bagi para tamunya. Konsep halal sendiri mengacu pada penghilangan hal-hal yang tidak baik untuk manusia dan juga lingkungan, jadi sebetulnya fasilitas hotel halal tetap bisa dinikmati siapapun, dan tak terbatas pada yang muslim saja.

Hotel Pesonna banyak menggunakan warna hijau dan putih di berbagai sudut hotelnya. Ini juga tak lepas dari pengaruh PT. Pegadaian yang juga memiliki warna khas hijau. Bahkan di setiap Hotel Pesonna selalu terdapat satu outlet pegadaian.

Hotel Pessona di Jalan Depok Kembangsari begitu megah. Di bagian depan terdapat area meeting room dan juga ballroom. Saat memasuki area lobi utama tamu akan disambut dengan petugas yang ramah dan juga berbagai lukisan destinasi wisata Semarang. Seperti misalnya lukisan Gereja Blenduk, Lawang Sewu, dan Masjid Agung Jawa Tengah. Tak hanya itu, tepat di sebelah area lobi juga terdapat resto yang memasang gambar Candi Gedong Songo dengan ukuran besar.

Ruang kamar yang bersih dan nyaman. (Phinemo.com)

Meski hotel bintang tiga, namun fasilitas di Hotel Pesonna cukup lengkap. Mulai dari fasilitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition), kolam renang, sky lounge, resto, airport shuttle, dan banyak lagi lainnya. Dan karena Hotel Pesonna mengusung konsep halal, di sini tamu hotel tidak akan menemukan fasilitas hotel bar atau makanan dan minuman beralkohol.

Secara gerografis, Hotel Pesonna terletak di kawasan yang strategis. Dekat dengan pusat kota, pusat perbelanjaan, destinasi wisata, perkantoran dan juga gedung-gedung pemerintahan. Hotel ini mudah dijangkau baik dari bandara Ahmad Yani ataupun Stasiun Tawang.

Jika tamu hotel datang dari bandara maka perlu menempuh jarak sekitar 6,5 km dengan waktu tempuh sekitar 19 menit bergantung pada kondisi keramaian jalanan. Sedangkan kalau datang dari Stasiun Tawang perlu menempuh jarak sejauh 2,5 km dengan waktu tempuh berkisar 13 menit.

Hotel Pesonna juga berada di area yang strategis jika dilihat dari lokasi destinasi wisata. Beberapa di antara destinasi yang dekat dengan Hotel Pesonna adalah Paragon Mall (wisata belanja), Lawang sewu, Museum Mandala Bhakti dan Tugu Muda (Wisata Sejarah), Jalan Pandanaran (wisata oleh-oleh), Semawis dan Toko Oen (wisata kuliner), Kawasan Kota Lama (wisata sejarah dan hunting foto).

Hotel Pesonna hadir dengan 152 kamar yang terbagi dalam dua tipe, yaitu suite dan deluxe. Jumlah kamar tipe suite bahkan hanya ada 2 kamar saja, sedangkan 150 kamar sisanya adalah tipe deluxe. Sama seperti area hotel di bagian luar, di area kamar hotel pun warna yang ditonjolkan adalah warna hijau. Dipadukan dengan warna-warna soft lain seperti krem dan putih.

Adapun perbedaan Hotel Pesonna dan hotel lainnya, diantaranya adanya fasilitas tambahan berupa kran air khusus untuk wudhu, Al-Quran, alat sholat dan juga arah kiblat. Ini tak lepas dari konsep yang dibawanya, yaitu konsep halal hotel. Kamarnya pun terasa nyaman, wangi dan bersih. Itulah kenapa banyak juga tamu hotel yang merasa nyaman menginap di hotel ini. Karena meskipun berkonsep halal, tapi hotel Pesonna tak hanya diperuntukkan bagi tamu yang muslim saja.

View yang disajikan dari dalam hotel saat malam hari adalah cantiknya kerlap-kerlip lampu kendaraan dan bangunan di perkotaan Semarang. Memang akan lebih cantik saat malam hari, karena saat siang hari hanya terlihat deretan bangunan pencakar langit dan kawasan perumahan warga Semarang.

Hotel Pesonna memiliki fasilitas resto yang menyediakan berbagai jenis masakan. Mulai dari masakan khas nusantara, masakan Chinese, Western dan banyak lagi. Setiap bulannya juga akan ada menu promo yang diangkat, seperti misalnya saat kami datang ke Hotel Pesonna menu yang sedang dipopulerkan adalah Pesonna Merah Putih Smoothie. Menu ini terbuat dari strawberry smoothie yang diberi topping es krim vanila.

Berbagai menu andalan lain yang bisa dipesan tamu di antaranya menu masakan nusantara seperti nasiu goreng dan mie goreng khas Pesonna. Atau ada juga menu oriental seperti yang chow style fried rice, hongkong seafood fried rice, salted fish fried rice, dan banyak lagi.

Kolam renang Hotel Pesonna berada di lantai dasar dekat dengan area resto. Kolam renang ini cukup luas dan bersih. Selain itu ada juga area untuk bersantai di sekitar kolam renang.

Kolam renang di Hotel Pesonna hanya diperuntukkan bagi para tamu hotel saja. Jadi memang tidak dibuka untuk umum seperti di beberapa hotel lain. ( phinemo.com / Aris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini