Unissula Join Degree dengan Perguruan Tinggi NXU Tiongkok

Delegasi Unissula Semarang dipimpin oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Kerja Sama Drs Bedjo Santoso MT PhD. (Mushonifin/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Semarang – Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) menandatangani perjanjian kerja sama dengan Nanjing Xiaozhuang University (NXU) Tiongkok pada hari Selasa (3 Desember 2019). Penandatanganan tersebut dilakukan di Kampus Fangshan NXU, Tiongkok. 

Delegasi Unissula dipimpin oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Kerjasama Drs Bedjo Santoso MT PhD. Turut serta Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dr Turahmad, Dekan Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Hartono SS MPd, Dekan Fakultas Ekonomi Prof Olivia Fachrunnisa PhD, Dekan Fakultas Teknologi Industri Dr Sri Arttini, Kepala UPT Pengembangan Bahasa Internasional Moh Zuhri MPd dan Kepala UPT Kerjasama Internasional Riana Permatasari MA. 
Delegasi Unissula disambut dengan hangat oleh Prof Yang Zhong Xue, Wakil Rektor bidang kerja sama NXU. Ia didampingi oleh segenap jajarannya yaitu Ann Zhu Ming Hui PhD (Direktur International Office), Qi Jun Hong PhD (Deputi Direktur International Office), Prof Yang Xue Ming (Dekan Faculty of Chinese language and literature), Prof She Yi Ping (Wali amanah dari Faculty of Chinese Language), Liu Yu Xuan, MA (Secretary Faculty of Business School), Wang Jing MA (Secretary Faculty of IT School), dan Sophie MoU (International Exchange Office).

Kepala Rombongan Unissula Bedjo Santoso rombongan mengatakan, kunjungan tersebut mengawali kegiatan kerja sama antara kedua universitas. 

“Dalam acara penandatanganan MoU, masing-masing delegasi juga mempresentasikan peluang dan rencana implementasi kerja sama dengan fakultas-fakultas di NXU,” ujarnya melalui pesan tertulis pada Jum’at  (13/12/2019). 

Adapun hal-hal yang dihasilkan dalam pertemuan tersebut adalah Fakultas Keguruan Unissula akan mengadakan Immersion Program bagi mahasiswa NXU pada Maret 2020. 
“Potensi Immersion Program antara Fakultas Bahasa, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Teknologi Industri dengan fakultas-fakultas yang terkait di NXU,” jelas Wakil Rektor bidang akademik dan kerjasama tersebut. 

Kemudian mereka juga mengadakan rencana program visiting professor, beasiswa studi lanjut mahasiswa NXU ke Magister Manajemen dan PDIM Unissula, serta potensi joint degree dengan skema 2+2 antara Fakultas Ekonomi UNISSULA dengan School of Bussinees NXU. 

“Potensi joint degree dengan skema 2+2 antara Fakultas Teknologi Industri Unissula dengan School of IT NXU.
Program pelatihan pengajar mandarin Unissula ke NXU, serta kunjungan dosen dan mahasiswa School of Chinese Language and Literature NXU ke Unissula,” katanya. 

Bedjo berharap kerja sama antara kedua universitas tersebut dapat membuahkan kegiatan kolaborasi yang berdampak positif dan signifikan bagi kedua pihak.
“Semoga kedepan kerjasama ini berdampak signifikan, ” jelasnya. 
Beberapa rencana implementasi kerja sama tersebut dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2020. (Mushonifin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here