Umat Hindu Kota Semarang Gelar Upacara Melasti di Pantai Marina

Suasana upacara Melasti di Pantai Marina Semarang

SIGIJATENG.ID, Semarang – Jelang Hari Raya Nyepi umat Hindu Kota Semarang gelar upacara Melasti di Pantai Marina. Upacara Melasti ini dimaksudkan untuk mensucikan diri umat Hindu dari perbuatan buruk atau dosa pada masa lalu, dan berharap berkah atau kebaikan untuk masa yang akan datang. Upacara Melasti ini diwali dengan arak-arakan umat di sepanjang jalan sekitar pantai menuju bibir pantai Marina pada hari Minggu (3/3/2019).

Dengan berpakaian serba putih, terlihat umat berjalan kaki sambil membawa sesaji. Selepas sampai dibibir pantai, lantara menggelar doa. Menurut Ketua Parisada Hindu Indonesia Kota Semarang, I Nengah Wirta Darmayana upacara Melasti ini merupakan rangkaian dari Hari Raya Nyepi.

Rangkaian Hari Raya Nyepi tahun 2019 sendiri diantaranya adalah upacara melati, tawur agung atau tawur kesange dan diakhiri dengan catur brata penyepian pada tanggal 7 Maret tahun 2019.

“Upacara ini adalah rangkaian dari perayaan Hari Raya Nyepi Tahun 2019. Nanti setelah melati akan ada upacara lagi yaitu upacara tawur kesange pada tanggal 6 Maret. Keesokan harinya tanggal 7 umat akan melakukan catur bata penyepian atau berdiam diri dari segala aktivitas,” jelas I Nengah Wirta Darmayana.

Selain berdoa untuk kehidupan pribadi, umat Hindu juga mendoakan bangsa Indonesia supaya dapat terus terjaga kerukunannya dan senantiasa damai serta proses demokrasi yang akan digelar pada tanggal 17 april mendatang berjalan lancar. (rafif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here