Tol Semarang-Demak Segera Direalisasikan

Sekretaris Daerah Jateng Sri Puryono

SIGIJATENG.ID, Semarang – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memastikan pembangunan fisik Tol Semarang-Demak akan segera dilaksanakan. Hal tersebut menyusul proses lelang sudah selesai beberapa waktu yang lalu.

Sekretaris Daerah Jateng Sri Puryono mengatakan pembangunan proyek dengan nilai investasi hingga Rp15,3 triliun tersebut segera dilaksanakan tahun 2019 dan diharapkan selesai sesuai target yang telah ditentukan.

“Prosesnya tetap jalan terus dan sekarang tahap sosialisasi rencana lokasi proyek jalan tol. Ini tidak serta merta meninggalkan rakyat, demikian pula rakyat tidak bisa semaunya sendiri, harus ada komunikasi,” ujar, Senin (10/6/2019).

Sekda menjelaskan, proyek strategis tersebut menyangkut rencana zonasi sehingga perlu ada kesepakatan dengan masyarakat. Untuk lahan yang terkena proyek itu hanya satu kecamatan saja yakni Sayung di Kabupaten Demak.

“Jalan tol ini dirancang sepanjang 27 kilometer dan akan diintegrasikan dengan tanggul laut di pantai utara Kota Semarang hingga Kali Sayung Kabupaten Demak. Teknisnya, Tol Semarang-Demak memiliki empat simpang susun yaitu Kaligawe, Terboyo, Sayung dan Demak. Pembebasan lahan sedang dikomunikasikan saat ini,” imbuhnya.

Adapun untuk tanggul laut sendiri nantinya akan difungsikan untuk mengatasi permasalahan banjir, rob dan penurunan permukaan tanah di daerah Semarang Utara bagian timur seperti di wilayah Kaligawe Semarang hingga Kecamatan Sayung, Demak yang terus menjadi PR pemerintah saat ini.

“Tol Semarang-Demak juga untuk meningkatkan aksebilitas dan kapasitas jaringan jalan di kawasan utara Jawa,” tukasnya. (dian)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini