Tips Aman Lewat Tol; Lalin Sepi Tetap Kendalikan Laju Kendaraan (1)

Djoko Setijowarno, Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata

SIGIJATENG.ID-  Jalan tol memang membuat waktu perjalanan makin cepat. Jalan tol  mulus, lurus dan tidak ada kendaraan roda dan orang yang nyeberang, itu yang membuat perjalanan lewat tol makan cepat. Namun perlu waspada. Kecelakaan tetap mengintai, lengah sebentar langsung duerrr..

Djoko Setijowarno, Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata memberikan peringatan, warning kepada pengguna jalan tol.

Batas kecepatan mengendarai di jalan tol, sudah diatur dalam Peraturan Menteri (PM) Perhubungan 111 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penetapan Batas Kecepatan. Penetapan batas kecepatan dimaksudkan untuk mencegah kejadian dan fatalitas kecelakaan serta mempertahankan mobilitas lalu lintas. Juga bertujuan untuk kualitas hidup masyarakat. 

Setiap jalan memiliki batas kecepatan paling tinggi yang ditetapkan secara nasional. Batas kecepatan paling tinggi meliputi batas kecepatan jalan bebas hambatan, jalan antarkota, jalan pada kawasan perkotaan dan jalan pada kawasan permukiman.

Batas kecepatan paling rendah 60 km per jam dan paling tinggi 100 km per jam untuk jalan bebas hambatan (termasuk di dalamnya jalan tol). Paling tinggi 80 km per jam untuk jalan antar kota, paling tinggi 50 km per jam untuk jalan kawasan perkotaan dan maksimal 30 km per jam untuk jalan kawasan permukiman.

Di jalan tol sudah ada rambu maksimum 100 km per jam, minimum 60 km per jam. Ada baiknya juga diberikan marka batas kecepatan sebagai penambah ingatan bagi pengemudi. Perlu pula dilengkapi kamera pemantau kecepatan (speed camera). Jika ada kendaraan yang melanggar, selain kelebihan kecepatan juga kurang dari batas minimal kecepatan yang sudah ditetapkan, bisa dikenakan sanksi hukum. Sepanjang jalan juga diberikan spanduk yang menyebutkan jika kendaraan yang lewat tol ini dilakukan pemantauan yang diawasi dengan kamera. Jika melanggar akan dikenakan sanksi sesuai aturan. (Wahyu Setya/Aris/bersambung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here